Vesta Control Panel adalah panel kontrol cahaya yang dibuat dengan penekanan pada kecepatan. Ini menawarkan berbagai fitur termasuk kemampuan untuk mengatur server Anda dari antarmuka baris perintah bawaan, dukungan Softaculous, antarmuka apik untuk mengelola segala sesuatu mulai dari Pengguna hingga Pekerjaan Cron. Artikel ini akan memandu Anda dalam menginstal dan mengkonfigurasi Vesta di Ubuntu 18.04 serta mengamankan instalasi dengan sertifikat keamanan dari Let’s Encrypt.

  • Langkah pertama dengan cara mendownload master aplikasi vesta cp di terminal.

$ sudo wget https://vestacp.com/pub/vst-install.sh

  • Setelah selesai mendonload master VestaCP kemudian kita Instal VestaCP dengan baris perintah berikut

$ sudo bash vst-install.sh – force

  • Ketik ‘y’ untuk Melanjutkan Skrip instalasi hingga selesai
  • Masukkan Alamat Email Admin
  • Masukkan Nama Domain yang Anda Ingin Gunakan Dengan VestaCP

Script Instal Sekarang Akan Jalankan. Itu bisa memakan waktu hingga 15 menit. Anda akan melihat pesan yang menunjukkan pemasangan berhasil dan memberi Anda kata sandi admin Anda.

Sekarang Anda bisa masuk tetapi Anda akan melihat Anda akan mendapatkan peringatan keamanan dari browser Anda setelah membuka halaman login. Kita akan menyelesaikan ini dengan menginstal sertifikat keamanan dari Let’s Encrypt. Sertifikat ini kedaluwarsa setiap 90 hari tetapi gratis dan mudah dilakukan.

Masuk ke VestaCP dan Aktifkan SSL dan Mari Enkripsi Dukungan untuk Menyiapkan Sertifikat Keamanan. Klik ” Web ” dan kemudian klik ” Edit ” di sebelah domain Anda dan centang kotak centang ” Dukungan SSL ” dan ” Lets Encrypt Support” . Klik ” Simpan ”

Artike Lainnya  Cara Install Plugin WordPress dengan mudah

Vesta tidak menempatkan kunci yang baru saja dibuat untuk domain di tempat yang sama dengan kunci yang digunakan Vesta sendiri. Ganti nama file sertifikat yang digunakan Vesta.

$ sudo mv / usr/local/vesta/ssl/certificate.crt /usr/local/vesta/ssl/oldcertificate.crt

$ sudo mv /usr/local/vesta/ssl/certificate.key /usr/local/vesta/ssl/oldcertificate.key

  • Buat symlink untuk menunjuk ke sertifikat yang baru dibuat.

$ sudo ln -s /home/vestaadminusername/conf/web/ssl.DOMAINNAME.com.crt /usr/local/vesta/ssl/certificate.crt

$ sudo ln -s /home/vestaadminusername/conf/web/ssl.DOMAINNAME.com.key / usr/local/vesta/ssl/certificate.key

Setelah selesai semua konfigurasinya sekarang waktunya untuk merestart VestaCP untuk melihat apakah konfigurasi yang kita lakukan berhasil dan berjalan baik atau tidak.

$ sudo systemctl restart vesta

Sekarang buka jendela browser dan pergi ke layar login panel kontrol Vesta pada port 8083. Anda akan melihat Anda memiliki sertifikat keamanan yang valid dan https diaktifkan. Sekarang ingat sertifikat hanya berlaku selama 90 hari sehingga Anda mungkin ingin mengatur tugas cron untuk memperbaruinya secara otomatis. Untungnya panel kontrol Vesta membuatnya mudah!