Setelah menginstal WordPress , hal pertama yang perlu dipelajari setiap pemula adalah cara menginstal plugin WordPress . Plugin adalah alat yang menyediakan fungsionalitas tambahan untuk aplikasi Anda dan menawarkan tambahan baru ke blog Anda yang meningkatkan fitur yang sudah tersedia atau menambahkan fitur baru yang tidak tersedia ke situs Anda.

Dengan plugin-plugin dari wordpress tersebut kalian mendapatkan konfigurasi website wordpress dengan baik menurut dan sesuai kebutuhan dari website tersebut. plugin wordpress ini sangatlah banyak dan bermacam macam variannya, dari yang plugin gratis hingga plugin berbayar langganan setiap bulan atau tahun tergantung kebijakan pembuat plugin itu sendiri.

Ada beberapa cara untuk melakukan install plugin yang ada di wordpress ini, cara yang pertama yang akan kita bahas kali ini yang langsung download di tempat plugin wordpress kita. Kemudian cara yang kedua dengan menggunakan fitur upload plugin di wordpress. Ketiga dengan cara upload manual dengan menggunakan FTP file transfer dan yang Ke Empat dengan cara upload file zip di cpanel hosting yang berada di direktori public_html/wp-content/plugins.

Di sini kami menjelaskan penginstalan plugin melalui dasboard wp admin kemudian cari dan Instal Plugin WordPress

Pertama, kita harus pergi Dashboard (Area Admin). Plugins -> Add New -> Search Plugin

Cari plugin dengan mengetik nama plugin atau fungsi yang Anda cari. Pertama, Pastikan Anda memeriksa apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi WordPress Anda saat ini.

Artike Lainnya  Membuat Cloud VPS di Serverspace.io dan remote SSH dengan Putty

Setelah itu, Instal Plugin dan Activate Plugin

Anda dapat memilih plugin yang Anda inginkan, di sini kami menggunakan plugin (Email Subscribers & Newsletters). Anda dapat mengklik More Details untuk melihat informasi lebih lanjut tentang plugin apa pun.

cara install plugin wordpress

cara install plugin wordpress

Plugin WordPress dapat diinstal di situs Anda, tetapi itu tidak akan berfungsi kecuali Anda mengaktifkannya. Jadi silakan dan klik tautan aktifkan plugin untuk mengaktifkan plugin di situs WordPress Anda.

Itulah cara install plugin di wordpress secara langsung, jika kalian mempunyai masalah dengan cara ini kami sarankan bisa menginstall dengan cara mengupload file plugin yang biasanya berbentuk .zip yang kemudian bisa di ekstrak di folder plugin tadi. sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.