Jika Anda ingin membuat blog Anda sendiri menggunakan wordpress, itu ide yang bagus. Pertama-tama, kita memerlukan localhost (seperti Apache, LiteSpeed, atau IIS), PHP 5.6 atau lebih tinggi, dan MySQL 5 atau lebih besar. Karena wordpress memerlukan server web untuk menjalankan situs web syatem Anda. XAMPP adalah distribusi Apache yang sederhana dan ringan yang membuatnya sangat mudah bagi pengembang untuk membuat server web lokal untuk keperluan testing and deployment.

Berikut ini adalah prosedur cepat 5 menit untuk Menginstal WordPress Offline. Untuk menjalankan WordPress offline, Anda memerlukan server Apache dan database MySQL (PhpMyAdmin) yang diinstal pada sistem Anda.

 1. Download CMS wordpress

Pertama, Anda harus pergi ke wordpress.org dan untuk mengunduh versi terbaru WordPress.

Sekarang, unduh WordPress.

2. Tambahkan folder wordpress ke dalam folder xampp

Setelah mengunduh WordPress, Anda perlu mengekstrak file zip , tempat Anda menginstal XAMPP , di sana Anda akan menemukan folder dengan nama htdocs, buka dan buat folder baru myblog. Misalnya, jika Anda membuat folder myblog, Anda akan mengakses situs Anda dengan membuka http: // localhost / myblog

Buka folder myblog dan ekstrak file WordPress .zip yang Anda unduh dari wordpress.org ke dalamnya

3. Buat DATABASE untuk WORDPRESS

Buka Panel Kontrol XAMPP

MySQL – Klik Admin untuk meluncurkan PHPMyAdmin

Artike Lainnya  Cara membersihkan File temporary di windows

Kemudian klik pada Database di bagian atas:

Buat database dan masukkan nama untuk database Anda dan klik Buat. Nama Anda bisa apa saja – ingat saja karena Anda akan membutuhkannya untuk langkah berikutnya:

4. Jalankan INSTALLER WORDPRESS

Buka jendela browser Anda dan ketik http: // localhost / myblog

5. Setup database untuk CMS WORDPRESS

Sebelum memulai, Anda memerlukan beberapa informasi tentang basis data seperti nama basis data, nama pengguna basis data, kata sandi basis data, host basis data, awalan tabel.

ketika Anda belum membuat nama pengguna dan kata sandi MySQL . Dalam hal ini, Anda perlu mengetikkan “root” untuk pengguna dan biarkan bidang kata sandi kosong dan klik Kirim.

WordPress sekarang dapat berkomunikasi dengan basis data Anda, dan siap dipasang.

6.  SETUP INFORMASI SITUS WEB

Pada langkah ini, masukkan judul situs web, nama pengguna, kata sandi, dan alamat email kemudian kirimkan.

Sekarang, Anda berhasil menginstal WordPress.

Kerja bagus, Anda sekarang memiliki cms WordPress yang terinstall di xampp localhost yang berfungsi penuh berjalan di komputer Anda.