Saat membeli suatu produk, pastilah seseorang akan membeli produk yang aman untuk bisa dikonsumsi ataupun dipakai. Salah satu tanda produk itu aman adalah dengan cara cek nomor Bpom dari produk tersebut. Terdengar rumit memang, namun hal ini tidak bisa disepelekan.

Sebuah produk seperti produk perawatan wajah dan badan akan berbahaya untuk digunakan jika tidak memiliki nomor bpom. Selain itu, produk yang tidak memiliki nomor Bpom juga diragukan bahan dasar pembuatannya sehingga bisa jadi tidak baik untuk dikonsumsi.

Pengertian Dan Fungsi Nomor Bpom

Bpom merupakan suatu badan atau tempat yang bekerja untuk mengawasi produk-produk makanan, produk perawatan wajah dan badan, obat-obatan, dan minuman. Yang diawasi oleh pihak Bpom bukan hanya dari peredarannya namun juga terkait bahan-bahan yang digunakan dan keamanannya.

Produk yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan, haruslah meminta nomor Bpom sebagai perlindungan atau sebagai pertanda bahwa produk tersebut aman digunakan. Bpom akan meneliti bahan-bahan yang digunakan apakah mengandung bahan yang berbahaya ataukah tidak.

Selain itu, jika produk tersebut mengandung bahan yang berbahaya, maka produk tidak akan mendapatkan nomor edar dari pihak Bpom. Jadi, fungsi Bpom tidak hanya sekedar mengawasi izin edar suatu produk namun juga terkait manfaat penggunaan, efek bagi kesehatan, dan juga bahan baku yang digunakan.

Artike Lainnya  Kerusakan dan cara memperbaiki lcd HP yang tertekan

Cara Melakukan Cek Bpom Online

Bagi sebuah produk makanan, adanya nomor Bpom berarti makanan tersebut tidak memiliki bahan yang berbahaya bagi tubuh. Begitupun produk kosmetik, nomor Bpom berarti kosmetik bebas dari bahan berbahaya. Inilah cara melakukan cek nomor Bpom secara online dan bisa dilakukan bahkan dengan Hp sekalipun.

1. Melakukan Pengecekan Melalui Situs Bpom Resmi

Mengetahui cara cek nomor Bpom bagi sebagian orang adalah hal yang tidak ada gunanya. Namun, dalam hal ini kebenaran nomor Bpom dalam suatu produk yang akan digunakan memiliki arti penting dalam hal keamanan dan keselamatan pengguna yang mengkonsumsi atau memakai produk tersebut.

Umumnya, pengecekan bisa dilakukan melalui situs resmi dari Bpom. Inilah langkah-langkahnya: io

  • Buka halaman website Bpom pada browser apa saja. Pengguna bisa menggunakan chrome ataupun browser pada Hp.
  • Pada bagian atas layar, terdapat menu pencarian.
  • Pilih pencarian berdasarkan nomor atau nama produk. Jika ingin mencari keabsahan produk melalui nomor, maka pilih nomor Bpom begitupun jika ingin mencari keabsahan melalui nama produk, pilihlah nama produk.
  • Pada menu selanjutnya terdapat kolom-kolom yang berisi kata kunci yang akan dicari. Isikan nomor Bpom produk, ataupun nama sesuai dengan informasi yang diketahui dari produk yang akan dicari.
  • Setelah memasukkan nomor Bpom, klik cari.
  • Proses akan berlangsung hanya dalam hitungan detik dan informasi akan ditampilkan.

2. Melakukan Pengecekan Nomor Bpom Dengan Aplikasi

Selain menggunakan situs resmi dari Bpom, pengguna juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi resmi milik Bpom. Unduh terlebih dahulu aplikasinya dan ikuti langkah-langkah pengecekan nomor Bpom Sebagai Berikut.

  • Pastikan telah memiliki aplikasi resmi milik Bpom yang bisa diunduh melalui Playstore atau AppStore.
  • Lanjut pada halaman cek Nomor Bpom.
  • Pilih menu semua produk dan pilih juga nomor registrasi Bpom.
  • Isi nomor Bpom dari produk yang ingin di cek.
  • Setelah beberapa saat, informasi seputar produk akan ditampilkan dengan lengkap.
Artike Lainnya  Macam macam sistem operasi pada smartphone

Demikian penjelasan cara cek nomor Bpom dengan menggunakan dua cara yang mudah. Untuk melakukan pengecekan, hanya bisa dilakukan id situs ataupun aplikasi resmi milik Bpom. Hal ini demi keamanan dan keabsahan data Bpom.