DI dunia teknologi ini banyak sekali jenis dan fungsi printer dan juga berbagai varian brand dan harga yang akan membuat kalian pusing untuk itu silahkan simak mengenai jenis dan fungsi printer berikut ini. Kamu pasti tahu kan apa itu printer? Alat ini sering digunakan di kantor atau sekolah untuk mencetak berbagai dokumen yang dibuat melalui komputer. Dalam artian secara luas printer tidak hanya mencetak lembaran-lembaran kertas saja (2D/dua dimensi), tetapi juga dapat mencetak benda-benda 3D atau tiga dimensi.. Nah seiring berjalannya waktu, membuat printer semakin berkembang sehingga memunculkan beberapa macam jenis printer dengan fungsinya tersendiri. Yuk ketahui apa saja macam jenis printer dan fungsinya

  • Printer Dot Matrix

Dot matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas.

Printer kategori ini menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas. Hasil cetakannya berupa titik-titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar.

Printer ini bekerja seperti halnya mesin tik sehingga dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Printer ini hanya menghasilkan warna tunggal sesuai dengan warna dari pita yang dipasangkan, biasanya warna merah atau hitam. Kecepatan cetaknya sangat bervariasi yakni antara 50-500 karakter per detik. Jumlah pinnya sangat bervariasi antara 9 -24 dan menentukan kualitas cetak yang dihasilkan.

Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi karena printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat Continues Form, kwitansi dan Dokumen yang sudah ada cetakannya lainnya seperti Stopmap, Amplop, dll.

  • Printer Ink Jet

Printer InkJet merupakan macam jenis tipe printer yang sudah umum kita temui dipasaran. Dimana pola kinerja dari printer inkjet ini adalah membentuk pola karakter atau grafik dengan mengghnakan kepala cetak yang berisi pipa penyedot kecil (nozzle) yang kemudian menyemprotkan tinta ke kertas guna mencetak file diatas kertas sesuai karakter yang diinginkan. Jenis printer ini adalah jenis printer yang modern.Untuk hasil cetak file yang baik maka tinta yang disemprotkan harus diarahkan tepat pada bidang sasaran mrnggunakan 1 atau lebih electronic deflector untuk mengatur posisi horizontal dan vertical dari tinta yang disemprotkan. Adapun proses pengaliran tinta ini harus dilakukan scara berkala dan continue karena bila tidak tinta tidak keluar dan akan dikembalikan pada kepala cetak.

  • Printer All In One

Printer All in One atau biasa di sebut Printer Multifungsi adalah printer yang dapat melakukan beberapa tugas pekerjaan. Selain dapat mencetak, perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan copy dan scan atau memindai dan mengirimkan faks dan menggunakan jaringan baik LAN maupun Wireless.

  • Printer Laset Jet

Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya.Printer laserjet bekerja sangat cepat dan catridgenya bertahan lebih lama. Sama seperti printer inkjet printer laserjet juga bisa diatur untuk mencetak warna hitam putih saja atau seluruh warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)

Karena sistem yang mirip dengan fotocopy yaitu menggunakan photographic drum, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar, sedangkan pada laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga sangat tajam dan hemat biaya tinta. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya dalam jumlah banyak. Cocok digunakan untuk usaha Fotocopy dan Percetakan maupun Perkantoran.

  • Printer Label

Printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumalah banyak dan lebih mudah. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode. Beberapa Printer label juga bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.Sebuah printer label dengan built-in keyboard dan layar untuk berdiri sendiri, tidak menggunakan perangkat lain (tidak terhubung ke komputer yang terpisah) sering disebut pembuat label. Label printer berbeda dari printer biasa karena label printer perlu memiliki mekanisme pakan khusus untuk menangani kertas digulung, atau lembar kartu (fanfold).

  • Printer Thermal (POS Printer)

Jika anda pergi ke sebuah supermarket atau toko swalayan bahkan di kios-kios dan warung anda akan menemui printer jenis ini di meja kasir. Kualitas thermal printer hampir sama dengan dot matrix, thermal printer menggunakan panas dan bukan ketukan atau impact. Keuntungan dari thermal printer adalah lebih tidak berisik dan mempunyai kecepatan tinggi, kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus thermal ( umumnya permukaan licin dan dalam bentuk roll )

Tehnik yang digunakan printer ini adalah mengeluarkan panas untuk setiap pin pada head print yang akan mencairkan lilin dan melekatkan pada kertas yang khusus. Prinsip kerja printer ini mirip dengan printer dot matrix hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya.

  • Printer Solid Ink

Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah printer melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.

  • Printer LED/LCD

Pada dasarnya jenis printer LED/LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Orang-orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED/LCD. Proses cetaknya hampir sama tetapi printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.

  • Plotter / Wide Format Printing

Jenis dan fungsi printer Plotter merupakan salah satu peralatan outputnya dapat mencetak grafis pada surface kertas, Vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lainnya dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. Printer ploter cocok untuk mereka yang menerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb. Jenis printer ini keakuratan pencetakan sangatlah dapat diandalkan. Ada 2 jenis printer plotter yakni flatbed plotter dan drum plotter.