Corona virus atau covid-19, penyakit virus yang melanda Tiongkok pada 31 Desember 2019, kini telah berubah menjadi pandemi global. Lebih dari 195 negara terkena dampak pandemi ini, AS, Italia, dan Iran adalah negara paling parah setelah Cina. Untungnya, China saat ini tidak melaporkan transmisi lokal. Tetapi dunia barat menghadapi krisis terburuk yang pernah ada. Bahkan di Indonesia, kasusnya telah melewati 895 , dan jumlah kematian telah meningkat. Kehidupan orang, karir mereka, ekonomi negara semuanya terkena.

Namun beberapa orang tidak menganggap pandemi ini serius, ini menjadi tantangan bagaimana menciptakan kesadaran tentang corona virus ini. Sebagian besar negara Setuju dah menjalankan lockdown, orang-orang bekerja dari rumah dan hanya diizinkan pergi untuk membeli barang-barang penting seperti bahan makanan atau resep medis. Namun, banyak orang yang melanggar aturan lockdown dan akan bertemu teman atau berkeliaran di sekitar kota. Dengan demikian, menjadi penting untuk mewaspadai orang-orang tentang pandemi ini, dan mengapa jarak fisik itu penting. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk melakukannya. Dengan demikian, menjadi penting untuk mewaspadai orang-orang tentang pandemi ini, dan mengapa jarak sosial itu penting. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk melakukannya.

1) BAGIKAN TIPS MENCUCI TANGAN

Anda dapat mengambil bantuan dari informasi yang diberikan oleh WHO, dan membuat gambar yang menjelaskan bagaimana cara membersihkan tangan dengan benar menggunakan sabun. Juga, daftarkan bagaimana dan kapan menggunakan sanitizer, dan bagikan gambar ini di saluran media sosial Anda. Gunakan Canva untuk membuat gambar yang menarik secara visual sehingga lebih banyak orang dapat belajar darinya dan membagikannya.

2) JELASKAN BANTUAN RUMAH ANDA TENTANG JARAK FISIK

Jika bantuan rumah Anda tidak nyaman dengan jarak sosial karena hal itu memengaruhi penghasilannya, jelaskan kepadanya. Sadari mengapa tinggal enam kaki dari seseorang, terutama yang memiliki gejala penting. Juga, beri tahu dia bahwa tinggal di rumah berarti ada kemungkinan untuk memutus perubahan transmisi dan mengalahkan virus.

3) BUAT GRUP WHATSAPP UNTUK KERABAT YANG LEBIH TUA

Kerabat Anda yang lebih tua mungkin percaya banyak berita palsu yang beredar di WhatsApp atau di internet. Bantu mereka mendapatkan berita nyata dengan membuat grup WhatsApp dan hanya berbagi berita yang sah dengan mereka. Ini dapat membantu mereka menjaga diri mereka aman dari virus ini, dan tidak panik.

4) BUAT VIDEO

Jika Anda mengenal seseorang dari departemen kesehatan yang dapat membantu Anda memberikan fakta untuk tetap berhati-hati, minta mereka untuk informasi itu. Gunakan itu untuk membuat video yang dapat Anda unggah di YouTube atau bagikan di media sosial Anda. Ini akan membantu orang memahami apa yang dapat mereka lakukan atau tidak bisa lakukan.

5) BERKOMUNIKASI

Banyak orang merasa gugup dan cemas sekarang, dan dengan demikian panic buying tanpa meninggalkan apa pun untuk orang lain. Anda harus berkomunikasi dengan mereka melalui telepon atau media sosial dan meminta mereka untuk berhenti panic buying.

Setiap negara menjaga layanan penting tetap terbuka, sehingga mereka tidak perlu menimbun begitu banyak sehingga tidak ada yang lain. Bantu mereka memahami bahwa membeli bahan makanan selama satu atau dua minggu sudah cukup karena mereka bisa keluar untuk membeli lebih banyak. Gunakan masker yang tepat, sanitasi, dan menjaga jarak, mereka dapat berkoordinasi dan mendapatkan hal-hal penting tanpa panik.

6) BUST MITOS

Banyak mitos yang beredar di internet tentang virus, dan bagaimana hal-hal tertentu dapat menyembuhkannya. Orang harus berhenti memercayai mitos ini, jika tidak, situasinya bisa menjadi lebih buruk. Jadi, bagikan tautan yang sah dengan orang-orang dari WHO atau PBB atau pemerintah Anda, tentang mitos-mitos ini sehingga mereka tahu mana yang benar dan mana yang tidak.

7) APLIKASI

Pemerintah berusaha membagikan data nyata kepada warganya. Mereka sedang membangun halaman, situs web, bot WhatsApp (indonesia) agar orang-orang tetap mendapatkan informasi. seperti situs resmi milik pemerintah tentang virus corona ini yaitu: https://covid19.go.id/

8) GUNAKAN VIDEO ATAU GAMBAR UNTUK MENGAJAR ANAK-ANAK

Nah yang terakhir untuk bagaimana cara menciptakan kesadaran tentang corona virus ini adalah terhadap anak-anak. Penting untuk mengajari anak-anak tentang kebersihan tangan yang benar dan jarak sosial. Anda dapat menggunakan meme lucu atau membuat gambar atau menggunakan video bermanfaat di internet sehingga anak-anak lebih memahami hal ini.

Perlu diingat, bahwa penyakit ini telah merenggut lebih dari 895 jiwa. Jika kita ingin bertahan hidup, kita harus tinggal di rumah dan tidak membebani penyedia layanan kesehatan yang mempertaruhkan hidup mereka untuk kita. Dukung mereka, dan orang lain seperti polisi, militer, kereta api, dan pekerja sanitasi dengan tinggal di rumah. Juga, jangan menyebarkan berita apa pun tanpa konfirmasi. Berita palsu dapat membuat lebih banyak orang panik.