Sudah tidak diherankan lagi, dari era-era sebelumnya pasti sudah banyak yang menduganya bahwa perkembangan tenologi kedepan akan semakin mengagumkan. Salah satunya yaitu Google Assistant. Google Assistant adalah Evolusi dari Google Voice Search dan Google Now. Saat ini, memang eranya Artifical Intelegent, Internet Of Thing dan Mobile.

Komputer dalam film-film sci-fi diberi perintah dengan suara dan menampilkan hasilpun tidak selalu dengan tampilan visual, kadang jawaban yang didapat adalah jawaban Natural seperti layaknya seorang bos berbicara pada sekretarisnya. Berbeda dengan Cortana dan Siri, Google Assistent keluar dari Browser dan terintegrasi keberbagai perangkat Hardware buatan Google. Cortana fokus ke Smartphone dan Desktop sama dengan Siri. Google menyadari bahwa masa depan pencarian adalah Personal Search atau lebih tepat personal Assistant yang digambarkan di film-film fiksi ilmiah. Assistant dari Google ini disematkan di Aplikasi Chat Allo, Google Pixel Smartphone dan Produk Google Home yang merupakan interface untuk mengontrol semua perangkat di rumah. Google Search bukan lagi di pakai dengan browser untuk mencari tutorial atau resep makanan.

Yang berbeda dari Google Assistant adalah kemampuannya memahami context. Artinya saat kita bertanya ”Who is Indonesia President?” ketika Assistant menjawab ” Jokowi”, kita bisa bertanya lebih jauh dengan bertanya ” when he was born?”. Saat ini Google Assistant telah disematkan di Google Allo, Google Pixel dan Google Home. Kedepannya Assistant akan disematkan ke produk hardware dari Google seperti Mobil dan Smartwatch dan kemungkinan akan disematkan disemua produk baru lainnya dari Google.

Artike Lainnya  Perbedaan Wireless Router dan Access Point

Jika produk ini sukses dipasaran, bukan tidak mungkin 5 sampai 10 tahun lagi kita akan seperti berada di film film sci-fi. Teknologi yang ada di film-fim sci-fi akan menjadi kenyataan. Bagi anda yang ingin mencoba Google Assistant anda bisa menginstall Google Allo, aplikasi chat dari Google. Nanti anda bisa bertanya berbagai hal seperti anda sedang ngobrol dengan teman anda sendiri.

Google Assistant Dipastikan Hadir untuk Android 6.0 ke Atas. Penasaran apa saja sebenarnya kemampuan yang dimiliki Google Assistant? Mari kita simak kemampuan apa saja yang dimiliki Google Assistant:

1. Memutar Musik dan Video

Kamu juga dapat meminta Google Assistant untuk memutar musik dan video dari layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube. Perintah yang dilakukan pun cukup sederhana, seperti ‘Mainkan Daft Punk’ atau ‘mainkan Daft Punk di YouTube’. Namun perintah ini belum dapat diberikan untuk aplikasi pihak ketiga. Karenanya, kamu tak bisa meminta Google Assistant untuk memutar musik dari Spotify atau video dari layanan lain.

2. Bisa Membaca Berita

Fitur yang tak banyak diketahui adalah asisten virtual ini sebenarnya dapat membaca berita berdasarkan topik yang disukai pengguna dan preferensi dari penggunanya. Uniknya, topik yang dibacakan benar-benar serupa dengan seseorang yang membaca berita, dan tak sekadar speech-to-text. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings. Setelah itu, buka Google Assistants, pilih Settings dan News. Dalam kolom ini, kamu bisa memilih beragam sumber yang dapat dibacakan isi beritanya.

3. Menerjemahkan Kalimat

Google Assistant, fitur asisten virtual terbaru dari Google (sumber: google.com) Tak hanya Google Search, asisten virtual ini juga dibekali dengan kemampuan Google Translate. Karenanya, pengguna dapat meminta Google Assistant menerjemahkan sebuah kata atau kalimat sekalipun. Sebagai contoh, kamu dapat bertanya ‘Apa bahasa Spanyol untuk Halo?’. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bersamaan dengan pengucapan sebenarnya.

Artike Lainnya  Cara mengatasi komputer atau laptop no display

4. Mencari File di Aplikasi

Integrasi Google Assistant pada sejumlah aplikasi Google, membuat asisten virtual ini dapat mencari file di dalam aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur Google Assistant adalah Google Photos. Sebagai contoh, kamu dapat memintanya membuka foto secara spesifik yang disimpan di Google Photos. Kamu cukup menyertakan keterangan foto yang dimaksud atau waktu pengambilannya. Asisten virtual ini juga dapat membacakan SMS dari aplikasi Messenger Google, tapi sayangnya fitur ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.

5. Dapat Melakukan Beragam Konversi

Tak ubahnya Google Search, kamu juga bisa menanyakan tentang suatu hal termasuk melakukan konversi di Google Assistant. Cukup mengatakan hal yang ingin kamu ketahui, maka Google Assistant akan memberikan jawaban. Beberapa pertanyaan yang dijawabnya adalah ‘Berapa kilometerkah, 10 meter itu?’ atau ‘Berapa banyak dollar Amerika dari 6.000 Rupiah?.’ Tak hanya itu, pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu di antara dua negara cukup dengan mengajukan pertanyaan serupa.

6. Asisten untuk berbagai urusan

Ya benar, google assistant sekarang sudah semakin berkembang, bahkan google sendiri menciptakan perangkat keras bernama Google Nest yang berisi google asistent, dapat memutarkan lagu, menyalakan lampu, membuat reminder, bernyanyi, bermain tebak-tebakan. mungkin jika kalian bosan bisa mencoba menyuruh google asistant untuk gombal tentang cinta kepada anda. karena dijaman modern ini google diintegrasikan untuk berbagai jenis keperluan yang perangkat IoT terutama.