Di era modern seperti sekarang ini media sosial semakin merebak. Ada facebook, Youtube, Instagram, Twitter, Line, dan lain sebagainya. Tidak hanya dikalangan muda saja, orang-orang tua juga sudah mulai mengenal dunia maya. Dimana cukup menggunakan Handpone pun audio, video, dan juga foto bisa tersebar kemana-mana bahkan bisa terviralkan dan masuk trending.

Seiring dengan semakin banyaknya content creator baik dibidang musik, film, atau bahkan prank-prank yang sering kita jumpai di media sosial. Maka semakin banyak pula orang-orang yang membutuhkan software atau aplikasi editing, baik itu editing video, audio, dan juga foto. Mungkin kalian sudah sering mendengar aplikasi-aplikasi editing Video seperti Adobe Premier, Sony Vegas, dan yang lainnya. Begitu juga aplikasi-aplikasi editing foto yang sudah sangat akrab dan sudah sering dipakai oleh banyak orang seperti adobe photoshop, corel draw, dan yang lainnya. Yang masih jarang diketahui orang-orang awam itu adalah Aplikasi-Aplikasi Editing Audio. Maka dari itu dalam tulisan ini penulis ingin memberikan info mengenai aplikasi-aplikasi editing audio yang worth it untuk kalian. Brangkali kalian ingin mengedit audio hasil menyanyi, mengaji Al-Qur’an, berpuisi, dan lain sebagainya.

Yuk simak daftar aplikasi edit audio suara terbaik untuk komputer yang kalian bisa gunakan dan pelajari untuk edit audio film, musik atau untuk kegiatan podcast.

Artike Lainnya  Aplikasi edit foto terbaik di android 2020

1. Adobe Audition

aplikasi edit audio terbaik

Lagi-lagi Adobe menciptakan software yang luar biasa, Adobe Audition ini salah satu software editing audio terbaik yang bisa bisa kalian pakai. Software ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat canggih dimana tim Adobe sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menciptakan software yang kuat untuk pengguna profesional. Didalam Adobe Audition ada fitur-fitur seperti editing multi-track dan pencampuran yang pasti akan membuat pengalaman pengeditan audio kalian lebih mudah dan efisien. software ini juga dilengkapi dengan fitur yang disebut ‘Auto Ducking’ yang menggunakan teknologi Adobe Sensei milik AI milik Adobe untuk mengetahui tempat-tempat di mana Anda mungkin ingin menurunkan volume track background untuk membuat suara vokal, ucapan, dan yang lainnya menjadi lebih jelas, dan ini akan membuat pekerjaan editing audio kalian lebih mudah. Adobe Audition juga memiliki beberapa fitur pengeditan klip yang kuat termasuk hal-hal seperti mirrored fade, kemampuan untuk mempertahankan tumpukan layer saat memindahkan satu bagian tumpukan.

Adobe bahkan memiliki serangkaian tutorial sendiri seputar Audition, yang tentunya akan membuat pemula lebih mudah untuk mempelajarinya. Selain itu, software ini mendukung sebagian besar format audio seperti MP3, WAV, AC-3, AIF, AIFF, AIFC, AAC, HE-AAC, CAF, FLAC, PCM, OGG, WMA dan banyak lagi. Sehingga kalian tidak perlu pusing harus mengconvert format audio yang tidak sesuai, karena hampir semua format sudah suport.

2. Logic Pro X

Logic Pro X juga salah satu software editing audio terbaik yang merupakan DAW Apple untuk sistem yang menjalankan macOS. Logic Pro X membawa beberapa fitur luar biasa ke dalam flip yang membuatnya menjadi software pengeditan audio yang luar biasa untuk editor pemula, dan pengguna profesional. Logic Pro X hadir dengan semua fitur dasar yang Anda perlukan di editor audio, dan juga menghadirkan fitur yang sangat canggih termasuk kemampuan untuk secara otomatis mencocokkan waktu trek yang berbeda dalam suatu proyek menggunakan “Smart Tempo”.

Artike Lainnya  Rekomendasi Headset Gaming terbaik tahun 2020

Logic Pro X ini juga dilengkai dengan ‘Waktu Flex’ yang memungkinkan kalian mengedit waktu satu not dalam bentuk gelombang secara terpisah, tanpa harus memotongnya dari klip itu sendiri. Itu luar biasa dan akan membiarkan kalian memperbaiki irama mistis tunggal dengan upaya minimal. Ada juga ‘Pitch Flex’ yang melakukan hal yang sama untuk ketukan individual, kecuali dengan pitch alih-alih pengaturan waktu. Logic Pro X juga menghadirkan ‘arpeggiator’ yang dapat secara otomatis mengubah akord menjadi arpeggio untuk memberikan nuansa yang lebih kompleks pada musik kalian. Ada juga banyak suara yang direkam sebelumnya, dan tambahan yang dapat kalian gunakan secara bebas dalam alur kerja kalian, bersama dengan jumlah plug-in Apple yang gila yang dikirimkan dengan Logic Pro X (ada lebih dari 60GB aset tambahan yang kalian dapatkan dengan LPX! ). Logic Pro X mendukung format audio seperti WAV, AIFF, CAF, PCM, ALAC, AAC, MP3, REX, RCY dan banyak lagi. Tetapi software ini hanya tersedia untuk pengguna macOS. Oleh karenanya membuat aksesibilitasnya turun sedikit (karena tidak setiap orang menggunakan Mac).

3. Audacity

aplikasi edit audio terbaik

Yang terakhir dalam aplikasi edit audio suara terbaik ada Audacity, ini dia nih aplikasi editing audio yang paling ringan untuk PC Low spek tetapi tidak kalah bagus. Ya inilah Audacity, software editing audio untuk PC yang lumayan terkenal dkalangan pengguna komputer. Aplikasi ini sangat direkomendasikan oleh banyak orang, baik oleh kalangan profesional, maupun kalangan pemula yang baru terjun di dunia edit audio. Hal ini karena Audacity adalah aplikasi edit audio yang mudah digunakan.

Ada beberapa keunggulan yang membuat Audacity sering direkomendasikan banyak orang. Salah satunya adalah karena aplikasi ini dapat diinstal di berbagai perangkat. Selain itu, aplikasi ini menawarkan keunggulan dengan berbagai plugin ataupun berbagai efek lainnya. Keunggulan lainnya adalah fitur editingnya. Aplikasi ini dapat memotong suara, menggabungkan musik atau lagu, menghilangkan suara vokal, memberi tambahan efek pada vokal, dan juga bisa digunakan untuk merekam. Yang paling menarik adala software Audacity ini gratis, karena sifatnya open source. Silakan kunjungi situs resmi Audacity untuk mendapatkan aplikasi ini.

Artike Lainnya  Sejarah singkat Integrated Circuit atau IC

Itulah dia beberapa aplikasi edit audio terbaik untuk komputer yang sangat worth it untuk kalian. Semoga bermanfaat, terima kasih.