User seringkali keliru dalam penyebutan istilah virus komputer atau bahkan bingung membedakan istilah-istilah seperti trojan, worm, malware, spyware, backdoor, rogue, dll. Beberapa yang saya sebutkan tadi dan di judul adalah jenis-jenis virus komputer. Mari kita kenali perbedaan-perbedaannya sebagai berikut

  • Virus

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.

Virus komputer umumnya di buat untuk tujuan yang tidak baik , banyak Efek negatif yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori menjadi kecil, hal ini membuat komputer sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program yang membuat program atau file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak hardware pada komputer. Semua virus hamper menyerang system operasi windows, dikarenakan memang OS windows memang digunakan oleh hamper semua orang.

  • Worm

Istilah Worm dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tetapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.

Artike Lainnya  10 Tips berjualan online di sosial media untuk memulai bisnis kecilmu

Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tetapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.

  • Trojan

Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Trojan bersifat “stealth” (siluman dan tidak terlihat) dalam operasinya dan sering kali berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program baik-baik, sementara virus komputer atau worm bertindak lebih agresif dengan merusak sistem atau membuat sistem menjadi crash. Trojan dikendalikan dari komputer lain (komputer attacker).

  • Malware

Malware adalah singkatan dari malicious software. Malware sendiri adalah sebuah software yang dirancang dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, atau merusak sebuah komputer. Malware juga biasa didefinisikan sebagai kode berbahaya. Software ini bisa melumpuhkan atau mengganggu operasi sebuah sistem, memungkinkan hacker untuk mendapat akses ke informasi rahasia dan sensitif serta memata-matai komputer serta pemilik komputer itu sendiri. Malware sendiri merupakan istilah umum, jadi semua program perusak, dan merugikan seperti virus, trojan, worm, rogue, semua bisa dikatan sebagai Malware.

  • Spyware

spyware ini bisa diartikan sebagai software yang didesain untuk mengumpulkan data (memata-matai/spy) dari komputer atau perangkat lain seperti ponsel, dan mengirimkan data data tersebut ke pihak lain tanpa sepengetahuan si pemilik data.

Data-data yang dicuri ini bisa bermacam jenisnya, dari yang paling sederhana sampai yang rahasia seperti password, PIN, nomor kartu kredit, memantau tombol keyboard yang ditekan, kebiasaan browsing, mengumpulkan alamat email, sampai memantau pergerakan korban dari GPS perangkat.

  • Backdoor

Backdoor merupakan salah satu fungsi yang sering ditemukan pada malware. Sebenarnya apa sih Backdoor? Backdoor secara harfiah adalah pintu belakang. Secara teknis, Backdoor merupakan sebuah mekanisme untuk masuk ke sistem tanpa melewati proses pemeriksaan standar keamanan, seperti authentikasi. Biasanya kalau kita mau masuk ke sebuah sistem ada pemeriksaan autentikasi, seperti login dan password. Nah dengan menggunakan backdoor kita dapat mem-bypass proses autentikasi tadi.

Artike Lainnya  Menambahkan password akun di windows

Backdoor tidak selalu jahat. Seringkali admin ataupun programmer membuat backdoor untuk masuk ke sistemnya sendiri. Alasannya agar tidak perlu melakukan authentikasi yang terkadang memakan waktu dan ribet. Backdoor dapat disisipkan dalam kode sistem maupun dapat berupa sebuah program sendiri.

Backdoor dapat juga timbul karena kesalahan konfigurasi sistem. Misalnya kita membeli sebuah perangkat. Perangkat tersebut telah diberi sebuah login dan password default dari produsen perangkat tersebut. Nah bila kita tidak merubah password default tersebut, maka penyerang dapat saja login dengan menggunakan password default tersebut.

  • Exploit

Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (vulnerability) pada komputer tujuan. Bisa juga dikatakan sebuah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan.

  • Hijacker

Hijacking (pembajakan) adalah salah satu jenis cybercrime yang cara kerjanya dengan melakukan pembajakan pada hasil karya orang lain biasanya dilakukan dengan meniru cookies user lain agar dapat mengendalikan aktifitas user tersebut.

Pengertian lainnya tentang hijacking adalah suatu kegiatan yang berusaha untuk memasuki (menyelinap) ke dalam sistem melalui sistem operasional lainnya yang dijalankan oleh seseorang (pelaku). Sistem ini dapat berupa server, jaringan/networking LAN/MAN situs web, software atau bahkan kombinasi dari beberapa sistem tersebut. Namun perbedaanya adalah Hijacker menggunakan bantuan software atau server robot untuk melakukan aksinya.

  • Keylogger

Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer. Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log.

Artike Lainnya  Pengertian fungsi dan Jenis pajak yang berlaku

Keyloggers sering digunakan sebagai alat spyware oleh penjahat cyber untuk mencuri informasi pengenal pribadi, kredensial login dan data perusahaan yang sensitif. Perekam keylogger juga dapat digunakan oleh pengusaha untuk mengamati aktivitas komputer karyawan, orang tua untuk mengawasi penggunaan internet anak-anak mereka, pengguna untuk melacak kemungkinan aktivitas tidak sah pada perangkat mereka atau lembaga penegak hukum untuk menganalisis insiden yang melibatkan penggunaan komputer. Penggunaan ini dianggap etis atau sesuai dalam berbagai tingkat.

  • Rogue

Rogue merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dengan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan jenis virus lain.

  • Adware

Adware merupakan kata dari bahasa Ingrris yaitu “Ad” yang berarti “Iklan” dan “Ware” berarti “Perangkat”. Pada dasarnya Adware adalah suatu program iklan yang difungsikan untuk menguntungkan semua pihak. Tetapi belakangan ini Adware “Perangkat Lunak Beriklan” lebih diartikan sebagai penyedia dan sumber utama dari malware “Perangkat Lunak Berbahaya”. Berbahaya jika memiliki jenis Virus lainnya seperti Spyware, tetapi pada umunnya Adware hanya mengganggu pengguna dengan memaksakan untuk menampilkan serta menggunakan iklan yang diberikan. Dengan demikian terkadang pengguna tidak mengetahui jika komputer mereka sudah menggunakan produk adware tanpa sepengetahuan pengguna PC.

  • Rootkit

Rootkit adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Rootkit awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi belakangan ini telah banyak digunakan oleh perangkat perusak yang ditujukan untuk membantu penyusup menjaga tindakan mereka yang ke dalam sistem agar tidak terlacak. Rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Kit-akar ini sering mengubah bagian dari sistem operasi dan juga memasang dirinya sendiri sebagai penggerak atau modul inti.

Bagi user-user yang mempunyai masalah terhadap virus kita dari Excellent Computer siap membantu baik untuk pencegahan maupun telah terkena virus.