Deep Freeze adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux SUSE yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti dan file konfigurasi pada workstation atau server dengan

mengembalikan konfigurasi komputer kembali ke aslinya setiap kali restart komputer. Deep freeze juga bisa melindungi data kalian dari stealer. Software ini sangat cocok dan dianjurkan untuk komputer-komputer warnet atau LAB komputer sekolah, yang memang dipakai oleh banyak user dengan karakter yang berbeda-beda. Terkadang ada beberapa user yang suka menginstal-instal aplikasi sembarangan, atau mengubah salah satu settingan komputer.

Sedikit saja kesalahan entah virus, malware atau mungkin human error, dapat menyebabkan system komputer kalian bermasalah bahkan mungkin tidak dapat beroperasi seperti biasa. Hal ini pasti akan merepotkan dan menyita banyak waktu kalian. Jika hali ini sering terjadi kepada komputer warnet kalian, atau LAB komputer sekolah, salah satu cara untuk menghadapi komputer yang suka bermasalah yaitu dengan menggunakan aplikasi Deep Freeze. Deep Freeze merupakan software dari faronics. Sistem kerja software ini yaitu membekukan atau bisa dikatakan membuat system pada Drive harddisk kalian tetap seperti semula saat anda bekukan. Software ini digunakan untuk menjaga system pada Komputer kalian dari virus, malware, ataupun human error, karena setiap perubahan data pada drive yang telah di Deep Frezee akan kembali seperti semula. Deep Freeze biasanya diaktifkan pada drive yang terdapat OS di dalamnya. Pastikan Harddisk anda di partisi sebelumnya.

Keunggulan Software Deep Freeze:

  • Menjaga system pada harddisk tetap seperti pada keadaan semula seperti saat di Deep Freeze setiap kali anda restart.
  • Mengurangi kemungkinan terserang virus, malware hingga human error.
  • Apabila PC anda terserang Virus / malware pada saat Deep Freeze sedang di aktifkan, restart PC anda dan semua akan kembali seperti semula.
  • Mengurangi waktu dan biaya untuk maintenance. Tetapi sebelumnya pastikan program-program apa saja yang ingin anda install sebelum Deep Freeze diaktifkan.
Artike Lainnya  Artificial Intelligence sebagai motor penggerak industri 4.0

Kelemahan Deep Freeze

Membutuhkan waktu extra dalam Install / uninstall program , update anti virus, penambahan printer dan segala penambahan pada drive yang di Deep Freeze. Karena harus menonaktifkan Deep Freeze terlebih dahulu, lalu menambah data yang diinginkan, dan restart kembali harus 2 kali me-rebot PC.

Sekian pengenalan aplikasi deep freeze untuk mengunci komputer , semoga bermanfaat, terima kasih.