Semua orang pasti sudah tau apa itu download/mengunduh. Kita dapat medownload banyak hal seperti foto, vidio, film, file dan lainnya. Pada dasarnya kecepatan dari download kita sangat bergantung pada seberapa cepat koneksi internet kita. Namun, ternyata ada beberapa trik yang dapat kita lakukan untuk membuat proses download kita menjadi lebih cepat. Langsung saja kita simak trik-triknya.

1. Gunakan Browser yang Mendukung Fast Download

Ada banyak sekali browser yang dapat kita pilih. Yang paling banyak digunakan contohnya seperti UC Browser, Opera Browser, dan PHX Browser. Browser-browser ini dilenkapi dengan fitur-fitur kompresi yang dapat membuat unduhan kita lebih cepat dan lebih hemat data.

2. Gunakan Download Manager

Download Manager berfungsi untuk memfokuskan koneksi kamu hanya untuk mendownload, Download Manager juga dapat berfungsi untuk mengamankan proses download supaya tidak terhenti di jalan dan gagal. Software download manager yang sering digunakan banyak orang adalah IDM(Internet Download Manager)

3. Gunakan Jaringan WiFi

Mendownload menggunakan WiFi sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin mengunduh dengan cepat. WiFi cenderung memiliki sinyal yang stabil dan tidak naik turun seperti jika kita hanya menggunakan data seluler. WiFi umum sendiri bisa kalian temukan dimana saja seperti sekolah, kafe, kantor, dan juga outlet WiFi berbayar seperti wifi.id.

Artike Lainnya  Cara mengatasi laptop Hank tidak bisa dimatikan

4. Mendownload File Satu per Satu.

Mendownload banyak file sekaligus dapat membuat download menjadi lemot, itu karena akan banyak bandwidh digunakan untuk masing-masing file yang kita download. Apalagi jika kita mendownload file ukuran besar hingga ratusan mb atau hingga bergiga-giga. Sebaiknya kita mendownload file satu per satu hingga selesai terlebih dahulu sebelum mendownload file lainnya.

5. Hentikan Penggunaan Data Aplikasi Yang tidak Digunakan

Aplikasi-aplikasi di latar belakang juga dapat menyebabkan koneksi internet melambat. Aplikasi yang selalu aktif seperti sosmed, aplikasi cuaca, dan lainnya akan menggunakan data yang sama sehingga memperlambat proses download. Anda dapat membatasi aplikasi latar belakang di pengaturan perangkat kalian.

Itulah trik-trik yang dapat kita lakukan untuk membantu proses download kita menjadi lebih cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.