Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada Ketika melakukan panggilan video call penting atau mengikuti webinar lalu anda terputus karena sinyal internet anda turun atau bahkan jika itu tidak drop sepenuhnya, koneksi wifi menjadi lemah dan sekarang anda sedang mencoba untuk menemukan koneksi yang bagus dan harus menerima panggilan video call / mengikuti webinar dari meja dapur ( dengan anak-anak berteriak di latar belakang).

Memiliki pengaturan kantor di rumah yang sempurna tidak membantu ketika Anda dipaksa untuk pindah karena ada nya pemberitahuan ( notification ) karena koneksi internet yang buruk. Sekarang hampir semua orang bekerja dari rumah, kecepatan koneksi internet telah menjadi mata uang baru yang paling berharga bagi banyak organisasi. Bagi sebagian besar dari kita itu tak ternilai, jadi bagaimana cara rata-rata profesional meningkatkan konektivitas rumah mereka tanpa menghabiskan banyak uang? Inilah yang ingin saya bahas dalam artikel kali ini, semoga bisa membantu teman-teman yang telah membaca,

Para ahli di luar sana setuju bahwa pandemi COVID-19 telah secara dramatis mengubah pola lalu lintas internet dan kebutuhan kuota internet. Banyak permintaan bergeser dari area komersial ke area perumahan, karena penggunaan aplikasi yang lebih banyak bandwidth dan lebih banyak internet berbasis rumah daripada internet seluler. Berikut adalah tips agar bisa memaksimalkan wifi dalam rumah anda :

Temukan lokasi di rumah anda dengan kecepatan koneksi terbaik – sebelum melakukan panggilan video penting tersebut, luangkan waktu untuk berjalan di sekitar rumah anda dengan perangkat di tangan (handphone misalnya) untuk mencari tahu di mana anda mendapatkan koneksi terbaik dalam rumah anda. Setting konfigurasi WiFi Router anda, karena jika sinyal terkuat anda ada di kamar mandi, anda mungkin ingin memindahkan router anda bukan? untuk menghindari memberikan presentasi dari kamar mandi anda.

  • Memilih Router Wifi yang baik

Memilih router wifi yang baik dan sesuai dengan kecepatan koneksi yang anda pilih bisa menjadi opsi yang lain, dan pastikan router wifi paling baik di tempatkan di rumah anda di lokasi yang tinggi dan tidak terhalang. Jangan sembunyikan router anda di lemari. ”

  • Menentukan seberapa besar ruang kerja

Jika rumah Anda besar atau kamarnya berjauhan, coba pertimbangkan untuk menggunakan wifi extender untuk meningkatkan jangkauan konektivitas internet anda. Uji sinyal wifi dan periksa gangguan saluran atau halangan sinyal, lalu sesuaikan router anda untuk menghindari gangguan. Ini akan sangat berguna jika anda memiliki tetangga dengan sinyal wifi yang tumpang tindih dengan anda. Jika konektivitas anda terlihat lamban, coba atur ulang router Anda, dan jika semuanya gagal, pertimbangkan untuk memutakhirkan router atau modem kabel Anda.

  • Batasi bandwith kebutuhan anda

Sesuaikan kebiasaan konsumsi internet keluarga anda untuk mengurangi kebutuhan bandwidth harian – amati aktivitas keluarga anda selama beberapa hari dan lakukan “audit data” untuk melihat di mana anda mungkin menghabiskan bandwidth secara berlebihan tanpa perlu. Seperti misal ketika anda streaming video di smartphone anda, apakah anda benar-benar membutuhkan resolusi tertinggi atau dapatkah Anda memilih resolusi standar?. Dan jika anda memiliki anak di rumah saat anda sedang bekerja, minta mereka duduk bersama untuk menonton video di satu layar daripada meminta masing-masing di kamar mereka sendiri menggunakan bandwidth dalam jumlah besar. Pertimbangkan untuk mengunduh video anak-anak di malam hari agar bisa dinikmati anak-anak di siang hari sehingga ada bandwidth tambahan yang tersedia di siang hari.

  • Konektivitas cadangan

Mencari opsi konektivitas cadangan – meskipun anda biasanya menggunakan ponsel anda sebagai hotspot cadangan, kuota data dapat segera habis dengan cepat sehingga anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli hotspot seluler (modem wifi router) tambahan untuk menambah ketenangan pikiran. Karena sebagian besar kegiatan bekerja dari rumah akhir-akhir ini, mobilitas mungkin tidak sepenting saat bekerja dari rumah, tetapi memiliki cadangan tambahan dapat menjadi sebagai sedikit polis asuransi jika jaringan rumah anda sangat tidak konsisten atau ponsel anda memiliki kuota data terbatas yang tersedia. Juga, ingatlah untuk menghubungi penyedia internet anda untuk menanyakan apakah mereka menyediakan paket data yang upgrade dengan sedikit atau tanpa biaya tambahan selama waktu ini.

  • Opsi Tambahan

Rekomendasi Wireless Router untuk anda yang bisa anda dapat kan di Excellent Computer :

  1. Wireless Router TP-LINK TL-WR841N
  2. Wireless Router ASUS RT-AC66U
  3. Wireless Router Netgear R7000 Nighthawk
  4. Wireless Router Linksys WRT 1900AC