Bahasa pemrograman PHP menguasai dunia pengembangan aplikasi web dan merupakan salah satu bahasa pemrograman sisi server terbaik dan paling disukai yang dikenal karena fiturnya yang mudah digunakan. PHP dikenal karena banyaknya kerangka kerja yang membantu pengembang aplikasi web PHP dengan menyediakan modul terintegrasi, platform untuk membuat aplikasi web yang kuat, komponen yang dapat digunakan kembali, dan memungkinkan mereka mengembangkan aplikasi web dengan cepat.

Kerangka kerja PHP juga memberi pengembang struktur dasar dengan beberapa modul terintegrasi untuk mengembangkan aplikasi web yang kuat dengan cepat. Kerangka kerja PHP ini memberikan standar pengkodean dan pedoman pengembang dengan menstandarkan proses dan menstabilkan produk. Lihat statistik untuk situs web yang menggunakan teknologi kerangka kerja:

5 php framework terpopuler

(Sumber: Builtwith)

Dalam posting ini, kita akan membahas 5 kerangka kerja PHP teratas yang digunakan oleh sebagian besar pengembang PHP secara global.

  • Laravel

Laravel adalah salah satu framework PHP terbaik dan terlengkap yang dibuat untuk membangun aplikasi web dengan cepat menggunakan arsitektur MVC. Laravel saat ini adalah salah satu kerangka kerja PHP paling populer, dengan komunitas pengembang yang sangat besar.

Ini berisi banyak paket spesifik, mesin templat Blade yang ringan, pengujian unit, ORM, sistem pengemasan, pengontrol RESTful, dan sekarang Laravel adalah satu-satunya kerangka kerja yang memperkenalkan perutean secara abstrak.

Artike Lainnya  Jenis jenis Mainboard atau Motherboard Gaming

Manajemen antrian juga merupakan fitur yang memungkinkan dan menangani tugas latar belakang dan kemudian mencatat aktivitas untuk semua pengembang sementara tugas biasanya dilakukan di frontend. Paket dapat dengan mudah ditambahkan dengan Komposer bawaan Laravel yang kuat. Ini terintegrasi dengan Gulp dan Elixir sehingga semua paket npm dan paket bower dapat dipanggil langsung melalui ssh.

Salah satu hal terbaik yang ditangani Laravel dengan baik adalah struktur NoSQL seperti MongoDB atau Redis. Sangat mudah untuk memulai dengan Laravel berkat dokumentasinya yang lengkap, popularitas, dan Laravel Udemy: video dan tutorial populer untuk memperkenalkan pengembang PHP ke Laravel.

  • CodeIgniter

CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang ideal untuk pengembangan aplikasi web yang cepat. Bobotnya ringan dan mudah digunakan kerangka kerja, dengan basis pengguna kecil yang dapat diinstal hanya dengan mengunduhnya langsung ke host Anda. Tidak diperlukan baris perintah khusus atau penginstalan perangkat lunak. Unduh semua file terkait dan Anda siap untuk pergi.

Membangun aplikasi web lengkap adalah tugas yang mudah dengan kurva pembelajarannya yang kecil dan banyak pustaka pengguna. Berbicara tentang pengembangan, dokumentasi Codeigniter yang ekstensif, dan komunitasnya sangat luas dan sangat berguna. CodeIgniter juga didukung oleh universitas akademis: British Columbia Institute of Technology, yang akan membantu memastikan perkembangan dan pertumbuhannya.

Dari sudut pandang fitur, Codeigniter menyediakan banyak pustaka bawaan untuk pengujian unit, validasi formulir, email, sesi, dan banyak lagi! Jika Anda tidak dapat menemukan perpustakaan yang Anda cari, sangat mudah juga untuk membuat perpustakaan Anda sendiri dan membagikannya dengan komunitas pengembang.

  • Symfony

Symfony telah lama dikenal sebagai proyek modular yang sangat stabil, bertenaga, diteliti dengan baik. Symfony didukung oleh SensioLabs Prancis dan telah dikembangkan oleh mereka dan komunitas pengembangnya telah menjadikannya sebagai kerangka kerja yang fantastis.

Artike Lainnya  Sejarah Esport : World Cyber Games, Cikal Bakal Esport Global Dari Korea Selatan

Symfony digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti BBC dan proyek Open Source seperti eZpublish dan Drupal. Symfony dibuat dengan merancang dan menjaga stabilitasnya dengan cara yang sangat profesional. Dokumentasinya sangat luas dan komunitas pengembangnya juga sangat luas. Membangun kedua REST API performa, serta menyelesaikan aplikasi web.

  • Yii

Jika Anda memilih kerangka Yii PHP, Anda akan meningkatkan kinerja situs web Anda karena kinerjanya lebih cepat daripada kerangka kerja PHP lainnya karena sebagian besar menggunakan teknik pemuatan lambat. Yii murni berorientasi objek, dan ini didasarkan pada konsep pengkodean Jangan Ulangi Diri Anda (KERING), jadi ini memberi Anda basis kode yang bersih dan logis.

Yii dibangun ke dalam jQuery dan dilengkapi dengan serangkaian fitur AJAX, dan ini mengimplementasikan mekanisme skinning dan tema yang mudah digunakan, sehingga ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk seseorang yang berasal dari latar belakang pengembangan frontend. Ia juga memiliki generator kode kelas yang kuat yang disebut Gii yang memfasilitasi pemrograman berorientasi objek dan pembuatan prototipe cepat dan menyediakan antarmuka berbasis web yang memungkinkan Anda secara interaktif dan menghasilkan kode yang Anda butuhkan.

  • CakePHP

CakePHP adalah kerangka kerja PHP yang ideal untuk pemula dan aplikasi web komersial yang tumbuh dengan cepat. Muncul dengan pembuatan kode dan fungsi perancah untuk mempercepat proses pengembangan web sambil membawa banyak paket untuk menangani beberapa fitur umum.

Ini memiliki konvensi MVC yang membantu pengembang dalam membimbing mereka dalam proses pengembangan mereka. Konfigurasi juga merupakan permainan anak-anak karena menghilangkan kebutuhan akan file konfigurasi XML atau YAML yang rumit. Build cepat dan menyediakan fitur keamanan yang mencakup cara-cara untuk mencegah CSRF, SQL Injection, XSS, dan alat yang diperlukan untuk validasi formulir. CakePHP sedang dalam pengembangan aktif dengan dokumentasi yang bagus dan banyak portal dukungan untuk Anda mulai. Dukungan Premium juga merupakan pilihan bagi pengembang yang memilih untuk menggunakan CakePHP dengan menggunakan Cake Development Corporation.

Artike Lainnya  Mengenal Macam-Macam Format File Foto

Itulah teman-teman 5 php framework terpopuler dan bisa saja menjadi php framework terbaik untuk saat ini, apakah kalian sudah menggunakan php framework tersebut atau belum minat untuk menggunakannya?.