Sepertinya semua orang membuat startup akhir-akhir ini. Sementara jalan untuk memulai bisnis telah terbuka di tengah era digital, tidak dapat disangkal fakta sederhana bahwa memulai bisnis itu sulit. Faktanya, sembilan dari sepuluh startup gagal setelah lima tahun berbisnis. Walaupun tampak menakutkan seperti statistik ini, fokus Anda haruslah pada 10% startup yang berhasil dan menjadikannya perusahaan yang sangat menguntungkan dan berpengaruh.

Mengalahkan peluang berarti meluangkan waktu untuk mengembangkan rencana terperinci untuk memastikan perusahaan Anda berkembang pesat di komunitas Anda dan di industri Anda. Perlu beberapa petunjuk tentang cara menjalankan bisnis Anda seperti mesin yang diminyaki dengan baik? Kami di sini untuk memberi Anda ikhtisar tentang lima elemen terpenting dari startup yang sukses.

# 1: SEBUAH IDE INOVATIF

Google, Airbnb, Uber — masing-masing perusahaan terkemuka global ini semuanya dimulai dengan satu ide cemerlang yang bertujuan untuk membuat hidup orang sehari-hari sedikit lebih mudah. Ini fakta sederhana bahwa tidak setiap startup akan mencapai kesuksesan para raksasa bisnis ini, tetapi ada banyak hal yang dapat dipelajari dari kisah mereka. Menumbuhkan bisnis dari bawah ke atas bisa menakutkan, tetapi ide yang bagus dengan eksekusi yang bagus pasti akan berhasil.

Ketika sampai pada menghasilkan ide inovatif, pikirkan tentang kehidupan Anda sendiri. Produk atau layanan apa yang membuat Anda frustrasi? Apa yang bisa diperbaiki, dan apa solusi yang layak? Datang dengan cara cerdas untuk membuat sesuatu lebih mudah, lebih menghibur, atau lebih mengesankan adalah tempat yang sempurna untuk memulai. Ini bisa berupa skala kecil seperti membuka toko taco di kota yang tidak memiliki satu atau mengembangkan aplikasi ponsel pintar yang menghubungkan orang.

Artike Lainnya  Kode error printer canon mp-287 beserta solusinya

Apa pun ide Anda, pastikan itu salah satu yang memiliki peluang melawan pasar modern. Lakukan riset pasar Anda secara adil untuk menentukan apakah ada kebutuhan untuk produk atau layanan Anda, dan jika ada kebutuhan, cari tahu langkah apa yang perlu Anda ambil untuk menjadi makmur.

# 2: RENCANA

Rencana bisnis yang baik menguraikan semua detail seluk beluk perusahaan Anda mulai dari strategi pemasaran Anda hingga proyeksi keuangan Anda. Pada akhirnya, rencana bisnis yang menyeluruh harus dengan jelas menunjukkan kepada calon investor bagaimana Anda merencanakan untuk mengelola, mengoperasikan, dan mengembangkan bisnis Anda.

Menurut Administrasi Bisnis Kecil, komponen yang paling tidak terpisahkan dari rencana bisnis yang solid, meliputi:

  • Ringkasan eksekutif: Tinjauan umum perusahaan Anda, pernyataan misi, dan informasi dasar lainnya.
  • Deskripsi perusahaan: Informasi “tentang” perusahaan Anda yang merinci target konsumen yang akan Anda layani, masalah yang ingin Anda selesaikan, dan faktor kekuatan bisnis Anda.
  • Analisis pasar: Penelitian intensif pada pesaing Anda untuk memberikan contoh terbaik bagaimana bisnis Anda akan bersaing dengan bisnis lain di industri niche Anda.
  • Organisasi dan manajemen: Struktur bisnis, dewan eksekutif, dan karyawan Anda.
  • Layanan atau lini produk : Informasi tentang produk atau layanan yang akan Anda tawarkan dan bagaimana manfaatnya bagi konsumen.
  • Pemasaran dan penjualan: Strategi pemasaran Anda dan metode yang Anda rencanakan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
  • Permintaan pendanaan: Garis besar komprehensif kebutuhan pendanaan Anda dan di mana uang akan dialokasikan setelah diterima.
  • Proyeksi keuangan: Prospek keuangan untuk perusahaan Anda selama lima tahun ke depan, termasuk perkiraan laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Bahkan dengan rencana terperinci yang ada, penting untuk diingat bahwa rencana itu hanya sebaik pelaksanaannya. Jika Anda memiliki rencana hebat, tetapi merusak pelaksanaannya, Anda bisa dengan cepat menjadi salah satu dari 9 dari 10 startup yang gagal. Sama seperti Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk merincikan perincian rencana bisnis Anda, pastikan untuk meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan eksekusi serealistis mungkin.

Artike Lainnya  Cara menambahkan bahasa indonesia di windows 10

# 3: TIM-A

Jadi, akhirnya Anda berhasil di bisnis Anda — sekarang saatnya membangun tim untuk membantu membawa ide Anda ke kehidupan startup. Untuk merekrut kandidat terbaik untuk perusahaan Anda, Anda perlu bekerja keras dan menyusun daftar pekerjaan yang sempurna, menyaring resume, menjalankan pemeriksaan latar belakang, dan melakukan wawancara. dan untuk membuat deskripsi pekerjaan, membaca resume dan surat pengantar, dan melakukan wawancara. Untuk memastikan bisnis kecil Anda berhasil, Anda membutuhkan staf yang andal dan bertanggung jawab, dan itu dimungkinkan dengan proses perekrutan yang ketat.

Pada akhirnya, Anda ingin membangun tenaga kerja yang berkomitmen untuk bekerja keras untuk membuat visi Anda menjadi kenyataan yang menguntungkan. Memilih orang-orang itu dari daftar pelamar Anda bisa menjadi proses yang melelahkan, tetapi membayar untuk rajin dengan prosedur perekrutan Anda karena Anda ingin mempekerjakan orang yang akhirnya bisa menjadi mitra bisnis seumur hidup.

# 4: PENDANAAN

Memulai bisnis adalah usaha mahal yang membutuhkan banyak modal sebelum Anda dapat mengembangkan sayap dan terbang. Untungnya, ada sejumlah cara cerdas yang bisa Anda cari dan terima modal. Baik itu melalui investor atau dengan cara membuka jalur kredit, mengamankan modal secara cerdas sangat penting . Anda akan membutuhkan cukup uang untuk mengakomodasi segala biaya mulai dari lisensi dan peralatan hingga sewa dan inventaris.

Beberapa cara Anda dapat sumber dana untuk startup Anda termasuk:

  • Pinjaman usaha kecil
  • Investor dan pemodal ventura
  • Membiayai sendiri dengan uang Anda sendiri
  • Internet crowdsourcing
  • Teman dan keluarga

# 5: GAIRAH

Tidak terdengar seperti rekaman yang rusak, tetapi memulai bisnis adalah sebuah tantangan — kita benar-benar tidak dapat cukup menekankan hal itu. Anda pasti akan mengalami hambatan dan sakit kepala yang mungkin membuat Anda merasa siap untuk menyerah tetapi untuk tetap berada di jalur menuju kesuksesan, Anda perlu menilai, mengolah, dan merangkul hasrat Anda. Dunia para startup bisa sangat sulit, dan dibutuhkan banyak minyak siku, darah, keringat, dan air mata untuk menjadi prajurit dalam mengejar tujuan bisnis Anda. Tuangkan semuanya ke dalam bisnis Anda, terutama pada tahap paling awal. Pada akhirnya, jika Anda tidak memperjuangkan atau percaya pada produk Anda, siapa lagi?

Artike Lainnya  Jenis Jenis Mousepad komputer

5 elemen penting tersebut dalam perusahaan startup harus tetap ada dan terus dijaga agar kelangsungan dari startup tidak hanya dalam sebatas angka akan tetapi lebih penting dari itu adalah dampak terhadap kehidupan sosial dan bisa menciptakan revenue yang bagus dan berkepanjangan dalam pemilihan model bisnis yang dipilih.