Tidak banyak yang bisa merasakan sensasi menggunakan Mechanical Keyboard. Bahkan masih banyak yang asing dengan istilah Mechanical Keyboard. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk bertahan menggunakan Rubberdome keyboard dibanding dengan Mechanical Keyboard yang cukup mahal. Padahal Mechanical Keyboard adalah teknologi lama yang dibangkitkan kembali dari kematian karena durabilitas yang sangat baik , hampir seluruh keyboard jadul menggunakan teknologi keyboard ini seperti IBM. Dibawah ini pembahasan mengenai Apa itu Mechanical Keyboard.

IBM_Model_M_Space_Saving_Keyboard

Mechanical keyboard sejatinya sama dengan keyboard-keyboard yang biasa kita gunakan sehari-hari (Rubberdome) namun yang membedakan ialah mekanisme dalam input perintah dimana di keyboard Mechanical menggunakan suatu switch mekanik yang memiliki beberapa jenis berbeda sesuai dengan kebutuhan. Switch pada keyboard mekanik menggunakan mekanisme pegas di dalamnya. Dengan adanya mekanisme tersebut maka Mechanical keyboard memiliki sensasi tersendiri saat kita menekan tombolnya. Hal ini yang membuat beberapa orang sangat menggemari keyboard jenis ini.

Perbedaan utama dari Mechanical Keyboard dengan keyboard Rubberdome terletak pada switch nya. Dimana Mechanical Keyboard menggunakan switch mekanik, sedangkan Rubberdome seperti namanya yaitu menggunakan karet atau rubber. Dengan adanya switch mekanik yang ada di Mechanical Keyboard, kita bisa mendapat sensasi menekan tombol yang berbeda-beda. Sedangkan pada Rubberdome hanya memberikan feedback yang sama. Untuk Mechanical Keyboard kita akan merasakan sensasi menekan yang sama dari awal kita menggunakan keyboard sampai keyboard itu rusak, sedangkan untuk Rubberdome biasanya seiring berjalan waktu, maka sensasi menekan tombol akan berubah karena karet yang digunakan juga lama kelamaan akan mengendor atau mungkin sobek.

  • Mechanical Keyboard

berkenalan dengan mechanical keyboard

  • Rubberdome Keyboard

rubber-dome-switch

Jenis-jenis Switch Mechanical

Berbeda dengan Rubberdome yang hanya “gitu-gitu aja”, Mechanical Keyboard memiliki berbagai jenis switch yang memiliki sensasi yang berbeda tiap switch nya saat kita menekan. Secara umum Mechanical Keyboard memiliki 3 jenis switch yang paling populer yaitu Blue switch, Brown switch, dan Red switch. Sebenarnya ada banyak jenis switch yang beredar di pasaran seperti Green switch, Silver switch, dan sebagainya. Namun kebanyakan brand keyboard apalagi Gaming Keyboard, hanya menyediakan 3 pilihan switch yaitu Blue, Brown, dan Red.

Artike Lainnya  Panduan membuat laboratorium komputer jaringan : part 3

1. Red Switch

berkenalan dengan mechanical keyboard

Switch ini biasa disebut Linear Switch, dimana saat kita menekan switch ini tidak ada feedback yang kita rasa. Saat kita menekan switch ini kita akan merasakan seperti saat kita menekan tombol keyboard Rubberdome. Switch ini juga termasuk switch yang tidak mengeluarkan bunyi.

2. Brown Switch

tecware_tecware-phantom-104-rgb-led-outemu-brown-switch-mechanical-keyboard_full09

Switch ini biasa disebut Tactile Switch, dimana saat kita menekan switch ini, akan terasa sedikit feedback dari “Bump” yang ada di dalam switch nya. Sehingga saat kita menekan akan ada sedikit rasa “ganjalan”. Dengan adanya bump ini kita jadi merasakan sensasi tersendiri saat menekan. Namun untuk jenis switch ini tidak  mengeluarkan suara sehingga aman untuk digunakan di kantor.

3. Blue Switch

berkenalan dengan mechanical keyboard

Switch yang paling populer, dimana kebanyakan mechanical keyboard entry-level menggunakan switch jenis ini. Switch ini juga memiliki bump seperti brown switch, tapi diikuti dengan suara clicky yang nyaring. Suara ini juga memberi kesan tersendiri pada saat mengetik sehingga kita ingin menekan lagi dan lagi.