Mungkin kalian sedang browsing memilih laptop yang murah tetapi berkualitas dan susah untuk menentukan parameternya. Karena Seiring dengan kemajuan industri game yang sangat pesat, membuat laptop gaming terus menerus diproduksi. Hal ini karena dari jumlah peminatnya yang terus bertambah dalam lima tahun terakhir. Aakan tetapi harga laptop gaming rata-rata sangatlah mahal. Hal ini disebabkan karena komponen-komponen komputernya yang diharuskan memiliki kualitas terbaik agar game dapat lancar saat dijalankan. Bagi kalian yang memiliki anggaran yang terbatas, kalian bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang lebih miring. Berikut tips untuk memilihnya :

  • Processor

Processor yang digunakan hanya ada dua jenis saat ini. Yang pertama adalah dari Intel dan AMD. Untuk Intel ataupun AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seri Intel sangat unggul dibagian irit dayanya. Sedangkan untuk seri AMD sangat mendukung di sisi grafis pada sebuah game yang diinginkan. Jika kalian memilih processor Intel, maka gunakanlah seri yang terbaru. Minimal pakai seri Intel yang sudah mendukung Kaby Lake.

Sedangkan jika kalian memakai processor AMD, maka tidak perlu repot-repot lagi seperti versi Intel. Karena versi AMD memang dirancang untuk memaksimalkan grafis pada laptop yang digunakan. Dan perbandingan harga pun processor AMD jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Intel. Akan tetapi, AMD sudah terkenal dengan dayanya yang cukup boros serta kualitas barangnya yang masih dibawah Intel.

  • VGA

Tips untuk memilih laptop Gaming selanjutnya adalah pada bagian VGA Card. Pada bagian ini, kalian juga harus memperhatikan VGA card yang digunakan pada laptop gaming yang akan anda beli. Fungsi dari VGA Card adalah untuk memperlancar grafis yang dipakai pada laptop, baik untuk game maupun untuk keperluan desain grafis. Pada bagian VGA card, kalian harus perhatikan seri dari VGA tersebut.

Artike Lainnya  Perbedaan IP Address ipv4 dan ipv6

Seri yang ada, menunjukan generasi yang sedang dipakai oleh VGA card tersebut. Contohnya pada laptop yang menggunakan VGA NVIDIA Geforce GT 860M, maka angka “8” pada seri tersebut menunjukan VGA tersebut adalah generasi ke-8. Sedangkan untuk angka “60” menunjukan hasil kinerja dari grafis tersebut. Jika inginn menentukan VGA tersebut bagus atau tidak untuk gaming, maka kalian harus perhatikan saja dua dijit angka tersebut. Semakin besar angkanya, maka performanya yang dihasilkan semakin bagus.

  • Kapasitas RAM

RAM komputer juga turut mempengaruhi kinerjanya, termasuk kinerja saat dipakai untuk gaming. Agar dapat memainkan game dengan lancar, kalian memerlukan RAM dengan kapasitas yang besar. Pada mumnya, RAM yang dibutuhkan minimal 8 GB. Tetapi, jika kalian memiliki anggaran yang terbatas, gunakan saja RAM dengan kapasitas 4GB saja. Kapasitas 4GB sebenarnya sudah cukup untuk dapat memainkan game yang kualitasnya cukup baik, meskipun tidak untuk semua game.

  • Desain dan Berat Laptop

Sebagian orang kerap kali meremehkan desain dan berat dari sebuah laptop. Padahal bagian ini juga sangat menentukan kita jika akan membeli sebuah laptop. Seringnya laptop gaming memiliki desain yang besar serta berat. Itu saja belum ditambah dengan selera kita yang kadang tidak suka dengan desain bawaan yang ditawarkan. Jika laptop terlalu besar, maka hal tersebut akan susah kita bawa ke dalam tas.

Oleh karena itu, hal ini juga tergantung dengan keseharian kalian sendiri. Jika kalian adalah tipe orang yang lebih serig berpergian namun membutuhkan laptop gaming, sebaiknya pilih laptop yang memiliki desain bazel tipis, ringan, tahan guncangan dan mudah dimasukan ke dalam tas. Tetatpp jika kalian jarang keluar rumah, maka kalian bisa menggunakan tipe laptop yang bobotnya cukup berat.

  • Media Penyimpanan

Pada bagian ini, sama halnya dengan memilih processor yang sudah dijelaskan sebelumnya. Media penyimpanan pada laptop ada dua jenis, yaitu SSD dan HDD. Kelebihan dan kekurangan SSD ataupun HDD bisa dibilang cukup tipis dan sangat berhubungan dengan kebutuhan. SSD sangat unggul pada kecepatan sistem di dalam laptop. Terlebih lagi, SSD pun hemat energi serta tidak berisik. Sedangkan untuk keunggulan dari HDD adalah bisa menampung data yang sangat besar. Jika melihat dari segi performa, SSD jauh lebih unggul jika dibandingkan HDD. Namun dari segi harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Untuk kalian yang memiliki anggaran terbatas, maka HDD adalah pilihan yang bijak.

  • Garansi

Dan yang terakhir adalah garansi, dalam setiap pembelian barang, khususnya untuk barang elektronik, garansi adalah bagian yang paling penting. Setiap merk laptop telah menentukan berapa lama garansi yang diberikan pada sebuah laptop. Pada umumnya garansi laptop hanya diberikan satu tahun saja. Akan tetapi, ada juga merk yang berani menjamin garansi lebih dari satu tahun. Pada bagian ini, sebaiknya kembali ke anggaran yang kalian miliki.

Artike Lainnya  4 cara menghasilkan uang di internet

Itulah beberapa tips mengenai memilih laptop gaming murah dan berkualitas , semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Terimakasih.