Seperti halnya peralatan yang lain, laptop kita pun memerlukan perawatan agar tidak cepat rusak, kinerjanya tetap optimal, dan menambah umur pemakaian. Berikut ini adalah tips tentang bagaimana cara merawat hardware Laptop.

 

1. Jauhkan dari makanan atau minuman

Sebaiknya ketika kita makan atau minum dan meletakan makan atau minuman jangan terlalu dekat dengan laptop, karena jika laptop terkena sisa-sisa makanan keyboard bisa saja error, apalagi jika terkena tumpahan minuman bisa menyebabkan kerusakan pada motherboard bahkan laptop bisa mati total, lebih baik anda gunakan pelindung keyboard untuk melindungi keyboard pada laptop anda supaya ketika laptop terkena makanan, keyboard anda masih bisa aman dan terlindungi sehingga anda bisa mengetik dengan nyaman.

 

fan laptop

2. Tempatkan laptop pada permukaan yang rata

Tempatkan laptop dalam permukaan yang rata misalnya meja atau lebih saya sarankan tempatkan laptop pada cooling pad karena membantu menjaga suhu dan kinerja laptop agar tetap stabil, jangan meletakan laptop ditempat tidur,sofa, karpet atau tempat yang tidak datar lainnya yang dapat menghambat sirkulasi udara dari laptop karena hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas.

 

vacum cleaner

mini vacum cleaner laptop

3. Bersihkan Laptop secara teratur

Gunakan cairan pembersih LCD atau atau dengan cleaning set untuk membersihkan LCD monitor, dilap secara searah dan tidak menekannya terlalu keras, bersihkan juga sela-sela keyboard dan saluran ventilasi dengan kuas dan vacuum cleaner kecil.

4. Matikan Laptop dengan benar.

Artike Lainnya  Jenis jenis Mainboard atau Motherboard Gaming

Salah satu kerusakan laptop yang sering terjadi adalah karena laptop yang tidak dimatikan dengan benar, misalnya mematikan laptop secara paksa langsung menekan lama tombol power-nya hingga mati atau setelah shutdown langsung menutup LCD tanpa menunggu lampu indikator mati, hal ini akan berakibat buruk bagi kesehatan laptop atau karena listrik yang mati mendadak, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada harddisk ataupun mainboard.

5. Rawatlah baterai laptop.

Ketika laptop menggunakan baterai usahakan jangan sambil di-charge terus menerus, pakailah sumber listrik dari baterai, barulah baterai di-charge ketika baterai mau habis. Hindarilah memakai laptop sampai 0%, usahakan segera mematikannya sebelum daya baterai mencapai 20%, supaya baterainya lebih awet. Apabila baterai mau disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya diisi terlebih dahulu jangan dibiarkan kosong.

 

Itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet dan dapat bekerja dengan optimal, semoga bisa menjadi tips bermanfaat untuk menjaga laptop agar bisa digunakan hingga bertahun-tahun.