Anda pernah mendengar istilah software? Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Apalagi pekerjaan anda berhubungan dengan komputer, laptop, maupun pc. Anda sudah tentu lebih paham mengenai software. Era modern saat ini banyak jenis software yang memenuhi berbagai macam keperluan sehari hari baik itu melakukan editing video, mendengarkan musik, membuat desain, menonton video, lalu bermain game dan masih banyak lagi yang lainnya. Para developer selalu melakukan pengembangan secara berkala agar fiturnya selalu diperbaharui dan memudahkan penggunanya menggunakan software tersebut.

Lalu apa itu software?

Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan tujuan dan fungsi tertentu. Perangkat ini tak berbentuk fisik, bisa dioperasikan melalui perangkat komputer. Software ini memperlukan bahasa pemrograman yang ditulis lalu dikompilasikan dengan aplikasi komputer agar menjadi kode yang bisa dikenali oleh hardware / perangkat keras. Lalu software yang berada di hardware tersebut menjadi inti dari hardware tersebut. Apabila anda tidak menginstall software maka anda tidak bisa menjalankan komputer anda.

Sejarah software dimulai sebelum adanya komputer. Software dibuat jauh sebelum komputer elektronik pertama muncul. Seorang matematikawan asal Inggris yang bernama Charles Babbage adalah orang yang menggagas konsep software pada pertengahan tahun 1800-an. Meski begitu, teori software pertama kali diusulkan oleh seorang peneliti matematika dan komputer yang bernama Alan Turing pada tahun 1935 dalam esai nya yang berjudul Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung. Meski demikian, pada tahun 1958 kata software dicetuskan oleh seorang matematikawan dan ahli statistik dari Amerika yang bernama John Tukey.

Fungsi software diantaranya sebagai dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan dengan baik. Software juga dapat mengatur hardware yang ada pada komputer supaya dapat digunakan dengan baik agar dapat menjadi penghubung antara beberapa software dan hardware.

Artike Lainnya  Aplikasi edit foto terbaik di android 2020

Ada beberapa pembagian software seperti sistem operasi (OS) yang terdapat contoh meliputi Windows 10, Windows 8, Windows 7, lalu ada macOS Apple, iOS, Linux, dll. Lalu ada bahasa pemrograman yang meliputi JAVA, PHP, HTML, C++

Terdapat beberapa contoh software meliputi Microsoft word, Microsoft powerpoint, Microsoft Excel, Microsoft Edge, dll

Dengan adanya software , maka komputer dapat digunakan dengan bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diperlukan.