Pengertian Adaptor adalah alat elektronik yang dapat merubah tegangan listrik (AC) yang tinggi menjadi tegangan listrik (DC) yang rendah, tapi ada juga adaptor yang dapat merubah tegangan listrik yang rendah menjadi tegangan listrik yang tinggi. Secara umum adaptor adaptor dapat diartikan sebagai alat elektronika yang dapat menyesuaikan atau merubah tegangan listrik, yakni merubah sumber tegangan listrik utama yaitu dari PLN menjadi tegangan listrik yang dapat digunakan untuk disesuaikan dengan perangkat elektronik yang akan dipakai, seperti Televisi, Radio, gadget dan lain lain. Jenis-jenis adaptor sangat beragam diantaranya yaitu:

1. Adaptor Step Up dan Step Down

Adaptor Step Up adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya : Dari Tegangan 110v menjadi tegangan 220v. Adaptor Step Down adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan AC yang kecil. Misalnya: Dari tegangan 220v menjadi tegangan 110v. Adaptor Step Up maupun adaptor Step Down alatnya sama, ada fitur untuk mengatur kedua fungsi tersebut.

2. Adaptor DC Converter

Yaitu adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 12v menjadi tegangan 6v.

3. Adaptor Inverter

Yaitu adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya: Dari tegangan 12v DC menjadi 220v AC.

Artike Lainnya  Tips memperbaiki tombol keyboard laptop yang tertekan

4. Adaptor Power Supply

Yaitu Adaptor yang dapat merubah tegangan listrik AC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya: Dari tegangan 220v AC menjadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC. Adaptor power supply dibuat untuk menggantikan fungsi baterai atau accu agar lebih ekonomis. Adaptor power supply ada yang dibuat sendiri, tetapi ada yang dibuat dijadikan satu dengan rangkaian lain. Misalnya dengan rangkaian Komputer / CPU, Radio Tape, Televisi, dll.

Bagian-Bagian Dalam Adaptor

  • Bagian Input Tegangan

Input tegangan pada power supply adalah berupa tegangna arus bolak balik (AC) 220v.

  • Bagian Step down

Bagian ini berfungsi menurunkan tegangna AC 220v dari bagian input menjadi tegangna AC yang lebih rendah, misalnya: 6v, 9v, atau 12v. Bagian Rectifier Bagian ini berfungsi menyearahkan arus, dari arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).

  • Bagian Filter

Bagian ini berfungsi menyaring arus DC yang masih berdenyut (atau yang masih mengandung arus AC ) sehingga menjadi rata. Keunggulan filter ini adalah tergangan outputnya mendekati rata. Namun karena resistor bernilai cukup besar, maka arus outputnya semakin kecil, sehingga filter ini hanya cocok untuk arus yang kecil.

  • Bagian Stabilizer
  • Bagian Regulator
  • Bagian Output, Dapat berupa perangkat audio maupun video.

Itulah pembahasan pengertian adapator dari fungsi dan jenisnya, karena adaptor ini memang banyak sekali jenis dan fungsinya sesuai dengan kebutuhanan. Semoga bermanfaat, terima kasih.