Virus corona akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan di seluruh dunia karena virus corona ini telah menyebar sebagai pandemi ke seluruh dunia tidak terkecuali di indonesia, di indonesia sendiri virus corona baru muncul pada akhir februari tahun 2020 ini. sebenarnya virus corona ini bisa di cegah penyebarannya dengan cara berikut ini:

1. Mencuci Tangan dengan benar

Cucilah tangan dengan air bersih lalu gunakanlah sabun, gosok tangan anda setidaknya selama 30 detik lalu setelah itu bilas tangan dengan air kembali. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu keringkan tangan dengan tisu atau handuk bersih.

Jika kalian adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, pasti akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Kalian juga bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI untuk bayi.

2. Menggunakan Masker

Ada 2 tipe Masker untuk mencegah covid 19 nih teman-teman, Disini saya akan membahas pemakaian Masker Bedah :

  1. Masker Bedah
  2. Masker N95

Jadi Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai. Sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Artike Lainnya  Cara mudah cek versi processor laptop

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman

Masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif lebih mahal. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Terapkan social distancing

Jaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk,bersin atau dalam keadaan bersih. Alasannya ketika seseorang batuk, bersin ataupun dalam keadaan bersih, mereka menyemprotkan sedikit tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak. Selain itu rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Artike Lainnya  Mengenal jenis dan fungsi Power Supply komputer

5. Lakukan aturan bersin yang benar

Selalu menutupi mulut dan menutupi hidung dengan siku tangan yang ditekuk ketika batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekasnya. Alasannya, tetesan cairan yg menyebarkan virus.