Baik sobat, ketemu lagi ya. Jika sebelumnya sudah disampaikan tentang hal apa saja yang harus di perhatikan dan bahan apa saja yang harus di persiapkan jika kita akan melakukan sebuah istalasi lab komputer, dan selanjutnya kita gambar layout ruangan. Nah dari gambar yang sudah dibuat ini kita bisa mulai menghitung jumlah kebutuhan bahan yang akan dipasang di lab komputer sobat semua.

Bagaimana cara menghitungnya, yuk mulai kita mulai hitung satu per satu tiap bahannya. Biar mudah nantinya dalam penghitungan, kita buat permisalan dulu ya, dengan data sebagai berikut:

NoUraianJumlahKeterangan
1Komputer Client32 unitKomputer yang akan di Pasang Intel NUC, jadi dipasang di atas meja
2Komputer Server1 unitServer model Tower, di pasang di bawah meja
3Meja Komputer Client16 unitUkuran meja 120 x 60 x 75, 1 meja untuk 2 komputer, dan dipasang 1 stop kontak lubang 6. Meja diseting menghadap ke depan
4Meja Komputer Server1 unitUkuran meja 120 x 60 x 75, 1 meja untuk 2 komputer, dan dipasang 1 stop kontak lubang 6. Meja dipasang di pojok menghadap ke client
5Switch Hub2 unitTiap unit 24 port, hub di pasang di dinding dengan ketinggial dari lantai 50cm, dengan jarak dari tembok/dinding samping 200cm
6Ruang 9 x 8 m1 ruangStandart Ruang Kelas
Artike Lainnya  Tips mendinginkan Mainboard komputer yang overheat

Jika data sudah kita kumpulkan, maka selanjutnya kita mulai gambar ya sobat. Mau di gambar di excel, atau pakai tangan, atau pakai aplikasi lain, silahkan yang penting memudahkan untuk nanti menghitung ya..

Hal yang cukup penting juga adalah, memperhatikan jalur kabel UTP dan juta kabel listrik, usahakan ini aman dan rapi ya..

membuat laboratorium komputer jaringan

Sekarang mulai hitung ya, kita mulai menghitung perkiraan kebutuhan kabel UTP dan Konektor RJ45 nya..enaknya kita buat tabel ya sobat..titik dasar perhitungan dari switch hub, dan per group. Dari perkiraan perhitungan kita membutuhkan kabel UTP 232 m atau kita bulatkan mejadi 235 – 250m. Kenapa dibuatkan ke atas, ini untuk antisipasi dalam pengerjaan. Selanjutnya kita hitung kebutuhan Konektor RJ45 nya ya..

Jika secara perhitungan kita membutuhkan 68 konektor RJ45 maka kita nanti beli nya 1 bungkus yg berisi 100 biji atau 2 bungkus yang berisi 50 biji. Ok sobat semua, sampai ini kita sudah menyelesaikan gambar, membut perhitungan kabel UTP dan juga Konektor RJ45.

Untuk pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini dulu ya, besok kita sambung lagi di Part selanjutnya. Besok kita bahas untuk tentang kebutuhan listrik dan lanjut ke pemasangannya ya. ditunggu ya, atau bisa menghubungi melalui: wa.me/6281230020203