Pada saat itu saya mau install windows baru ke laptop saya karena sudah mulai lemot dan sudah banyak virusnya. Sekaligus saya ingin mengupgrade windows dari windows 8 ke windows 8.1. Karena di laptop saya sering muncul notifikasi update windows. Seharusnya segera diperbarui, tetapi karena saya tidak memiliki internet yang cukup, saya hanya memiliki sedikit kuota data di ponsel saya, yang jelas tidak akan cukup untuk digunakan upgrade windows.

Dengan permasalahan di atas, kemudian saya memilih untuk upgrade windows dengan melakukan proses install. Saya mulai coba mencari file iso Windows 8.1 di laptop saya, karena saya akan menginstal ulang Windows menggunakan flashdisk. Untuk membuat bootable flashdisk, saya menggunakan aplikasi rufus.

Singkat cerita, flashdisk sudah terisi Windows 8.1 installer, lalu saya mulai setting Bios supaya laptop booting menggunakan flashdisk. Setelah menyelesaikan pengaturan bios, mulailah proses instalasi menggunakan flashdisk. Kemudian saya mulai memformat partisi harddisk.

error 0x80070057 install windows

Namun, setelah beberapa saat muncul notifikasi bahwa saya tidak dapat melanjutkan instalasi karena partisi harddisk rusak dan Error code 0x80070057 muncul. Saya bingung, ini pertama kali saya menginstal laptop ada pesan kesalahan seperti itu. Yang ada di pikiran saya waktu itu mungkin versi windowsnya tidak cocok, jadi saya ganti lagi versi windowsnya. Saya coba install ulang kembali, tetapi notifikasi Error code 0x80070057 masih muncul seperti di atas.

Artike Lainnya  Cara mudah cek versi processor laptop

Saya langsung mencari-cari solusi di google menggunakan ponsel saya, tidak sedikit yang menyarankan untuk menghapus partisi sistemnya saja. Kemudian saya menghapus partisi sistem, tetapi tetap saja tidak bisa menginstal windows.

Setelah saya mencoba semua kemungkinan, akhirnya saya bisa menginstal Windows 8.1 dengan cara dibawah ini:

error 0x80070057 install windows

  • Jika laptop atau komputer memiliki lebih dari 2 partisi, Delete dua Partisi, yaitu Partisi System reserved dan Partisi System (Drive C)
  • Setelah kedua partisi tersebut terhapus, kemudian buat kembali partisi baru yang hanya untuk sistem windows. Karena Partisi System reserved akan muncul secara otomatis.

  • Jika tidak ada Partisi System reserved, maka hapus saja partisi sistemnya/Drive C (partisi 1).

Itulah cara saya memperbaiki error 0x80070057 yang muncul ketika tidak bisa install windows 8.1 di laptop saya. Semoga bermanfaat.