Pada permainan sepak bola, sebuah tim bisa merajai sebuah pertandingan apabila terjadi suatu kekompakan dalam kesebelasan tim tersebut. Kerja sama tim inilah yang bisa membuat mereka menjadi satu kesatuan dan memenangkan perlombaan.

Apa jadinya jika setiap pemain tidak memiliki koordinasi yang baik antar sesama pemain. Apa jadinya jika salah satu pemain yang hanya ingin menjadi one man show dan tidak mau bekerja sama dengan anggota tim yang lain?

Apakah kalian pernah melihat sebuah tim sepak bola mengalami situasi ketegangan karena setiap anggota tidak mau menerima masukan dan ingin bermain seenaknya sendiri?

Sudah dipastikan tim sepak bola itu tidak akan memenangkan pertandingan. Dan yang lebih parah lagi sudah pasti tim tersebut dibubarkan. Berikut adalah Tips bekerjasama dalam team :

1. Tanamkan Visi Misi Perusahaan Setiap Anggota Tim

Sebuah kapal yang memiliki banyak penumpang di dalamnya akan sampai ke sebuah dermaga tertentu jika memiliki tujuan dan arahan yang sama. Demikian juga halnya dengan sebuah perusahaan. Setiap anggota pada divisi harus memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan tersebut. Namun akan menjadi kendala yang sangat berarti apabila dari awalnya saja sudah berbeda visi. Tentu kalian dapat memastikan bahwa anggota tim tersebut tidak akan bertahan lama di tempat kerja perusahaan tersebut.

2. Menghargai Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat memanglah sangat biasa. Setiap orang juga memiliki ide masing-masing dan memiliki cara yang berbeda dalam melakukan tugasnya untuk memenuhi sebuah tujuan. Dalam sebuah tim sering terjadi jika seorang anggota sangatlah berpegang teguh pada ide yang ia sampaikan sehingga tidak pernah menerima ide kreatif lainnya dari rekan satu tim. Ada kalanya rasa kecewa timbul jika ide yang kita sampaikan tidak diterima atau ditanggapi sebagai keputusan bersama dalam tim. Akan tetapi, inilah keputusan kelompok.

Artike Lainnya  Tips Konten Marketing Menarik Di Media Sosial

3. Saling Percaya

Pada sebuah perusahaan, tidak jarang akan timbul saling sikut karena menginginkan kenaikan jabatan dan tentu saja kenaikan gaji. Tak jarang akan timbul perselisihan dan timbul rasa tidak percaya anatara sesama anggota tim. Suasana kerja seperti ini sangatlah tidak sehat dan sudah dipastikan kehancuran tim akan terjadi. Jika kalian adalah seorang pemimpin dalam perusahaan tersebut, gunakanlah wewenang kalian sebijak mungkin. Sebaiknya buatlah Standard Operational Procedure (SOP) yang seimbang antara bagian atau divisi sehingga tidak ada ketimpangan atau ketidakseimbangan tugas dan tanggung jawab.

4. Komunikasi Intensif Serta Efektif

Komunikasi yang tidak berhasil hanya akan membuat suatu hubungan menjadi renggang. Lakukan komunikasi yang intensif dengan setiap anggota tim dengan cara mengadakan meeting atau setidaknya pertemuan untuk melakukan koordinasi tugas harian, briefing tugas dengan singkat dan juga evaluasi kinerja harian atau mingguan. Setiap laporan dan aspirasi dari sesama anggota tim perlu ditampung dengan baik dan pecahkan setiap masalah dengan melakukan studi kasus / pekerjaan secara bersama-sama. Libatkan seluruh anggota tim saat melakukan pemecahan masalah (problem solving). Setiap orang pastinya memiliki masalah masing-masing, termasuk permasalahan di kantor ataupun di dalam keluarga.

5. Mengadakan Kegiatan Bersama

Hubungan antar anggota perlu dibangun dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan, baik itu diadakan di dalam kantor atau di luar kegiatan kantor. Halnya paling mudah adalah mengadakan kegiatan makan bersama di salah satu rumah anggota tim, atau mungkin liburan bersama ke tempat tekreasi mungkin bisa menjadi beberapa pilihan.

6. Saling Menghargai Kinerja Setiap Anggota

Apabila kalian pernah ke sebuah restoran cepat saji, dan menjumpai sebuah foto salah satu karyawan restoran tersebut yang bisa mendapat predikat karyawan terbaik bulan tersebut. Hal ini memang sudah menjadi salah satu strategi manajemen dari restoran tersebut untuk meningkatkan kualitas kinerja dari karyawannya. Selain untuk menghargai hasil kerja dari karyawan tersebut, hal ini juga dapat memacu karyawan lain untuk bekerja lebih baik dan bertanggung jawab serta meningkatkan pelayanan mereka.

Artike Lainnya  Meningkatkan employee engagement dalam perusahaan

7. Meningkatkan Kompetensi Tim

kerja sama tim bisa ditingkatkan dan bisa terjadi terjadi jika setiap anggota tim diperlengkapi dalam kompetensinya masing-masing. Dengan meningkatkan kompetensi mereka, maka semakin tinggi juga kinerja yang mereka lakukan. Jika kalian menjabat sebagai atasan, fasilitasi bawahan kalian untuk dapat mengembangkan diri mereka untuk mendapatkan kompetensi yang semakin meningkat dengan melalui seminar atau pelatihan.

Itulah tips dalam membangan kerja sama tim. Lakukan dengan tips diatas jika kalian memiliki keinginan untuk membangun perusahaan atau saat ini sudah memiliki perusahaan dan ingin meningkatkan kerjasama dalam tim. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih.