Beberapa dari kita mungkin tidak menginginkan file atau data yang kita akses oleh orang lain. Salah satunya adalah file presentasi kita dalam bentuk power point. File office biasanya dikaitkan dengan hal-hal penting, seperti file perusahaan, sehingga Anda harus memberikan keamanan lebih pada file tersebut, salah dengan memberikan password.

Untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan terjadi pada konten file powerpoint Anda yang tiba-tiba berubah, apalagi Anda baru menyadari perubahan tersebut ketika sudah waktunya Anda akan presentasi materi menggunakan powerpoint. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tutorial tentang bagaimana cara memproteksi file PowerPoint (Ppt) Anda dengan mudah.

Anda tidak tahu siapa yang mengeditnya, apakah itu anak atau keponakan Anda yang secara tidak sengaja meminjam laptop Anda saat Anda sedang mandi atau orang lain yang sengaja ingin mengubahnya. Langkah untuk menghindari permasalahan yang sudah saya sebutkan di atas, salah satunya adalah dengan memberi password pada file powerpoint Anda dengan cara sebagai berikut.

Cara Melindungi File PowerPoint dengan Kata Sandi:

  1. Pertama, pada file yang Anda buka klik tab File.
  2. Dari menu Info, pilih Protect Presentation ⮞ Pilih Encrypt with Password.
  3. Jika Anda menggunakan Office versi 2007, aplikasinya sedikit berbeda. Anda tinggal klik icon Office, Pilih Prepare ⮞ pilih Encrypt Document.
  4. Masukkan kata sandi yang Anda inginkan. Anda harus membuat kata sandi yang kuat tetapi mudah diingat. Ingat, gunakan huruf besar dan huruf kecil jika memungkinkan. Kemudian pilih OK.
  5. Masukkan kembali kata sandi Anda dan pilih OK.
  6. File powerpoint Anda saat ini telah diberi kata sandi.
Artike Lainnya  Rekomendasi Headphone terbaik dibawah 500 Ribu

  1. Siapa pun yang ingin membukanya harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

Dengan memberikan kata sandi pada file powerpoint Anda, tidak sembarang orang dapat mengakses file yang sudah Anda buat sedemikian rupa untuk materi presentasi Anda.

Saran saya, passwordnya jangan terlalu rumit dan susah diingat, malah bisa tambah parah saat presentasi, Anda lupa password untuk membukanya dan presentasi jadi berantakan. Saya harap artikel tentang cara mengunci file PowerPoint ini bermanfaat dan mudah dipahami.