Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.

Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Nah, setelah tahu informasi seputar bluetooth maka kali ini saatnya untuk mengetahui jenis-jenis bluetooth berdasarkan versinya yang bisa dicek berikut ini.

  • Bluetooth 1.0 dan 1.0B

Versi awal dari teknologi Bluetooth ini memiliki perkembangan yang kurang baik. Memiliki banyak masalah dan produsen mengalami kesulitan membuat produk mereka interoperable. Versi 1.0 dan 1.0B juga termasuk wajib transmisi alamat perangkat keras Bluetooth (BD_ADDR) dalam proses Menghubungkan (render anonimitas mustahil pada tingkat protokol), yang merupakan kemunduran besar untuk layanan tertentu yang direncanakan untuk digunakan dalam lingkungan Bluetooth. Banyaknya permasalahan yang dimiliki Bluetooth versi ini menyebabkan pabrikan kesulitan membuat teknologi tersebut beroperasi di produk-produk mereka.

  • Bluetooth 1.1

Versi ini muncul dengan perbaikan dari versi Bluetooth sebelumnya. Selain itu, Bluetooth 1.1 juga telah memiliki standar IEEE 802.15.1-2002.

  • Bluetooth 1.2

Dibanding tiga versi Bluetooth sebelumnya, Bluetooth 1.2 tentu saja memiliki banyak keunggulan. Pada prakteknya Bluetooth versi ini memiliki kecepatan transmisi yang lebih tinggi, yaitu hingga 721 Kbit per detik. Versi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menemukan koneksi Bluetooth lain lebih cepat.

  • Bluetooth 2.0 + EDR

Versi Bluetooth 2.0 + ERD dirilis pada tahun 2004. Perbedaan utama adalah pengenalan Enhanced Data Rate (EDR) adalah transfer datanya yang lebih cepat, kecepatan maksimalnya adalah 3 Mbit /s dan kecepatan rata-rata transfernya adalah 2.1 Mbit / s. Bluetooth 2.0+EDR ini merupakan Bluetooth yang pertama kali dapat mentransferkan audio secara stereo.

  • Bluetooth 2.1 + EDR

Tiga tahun berselang, versi Bluetooth yang lebih tinggi hadir, yaitu versi 2.1 + EDR. Teknologi utama pada Bluetooth versi ini adalah SSP atau Secure Simple Pairing. Dengan SPP pengalaman menggunakan Bluetooth jadi lebih baik, terutama dalam hal pairing dan keamanan. Teknologi lain yang hadir pada Bluetooth versi ini adalah EIR atau Extended Inquiry Response. Teknologi ini membantu pengguna mengetahui informasi perangkat yang akan dihubungkan sebelum koneksi dimulai. Selain itu, EIR juga membantu perangkat mengurangi konsumsi daya pada low-power mode.

  • Bluetooth versi 3.0 + HS

Dua tahun berselang setelah kehadiran Bluetooth v2.1 + EDR, BSIG menghadirkan Bluetooth v3.0 + HS. HS dalam versi ini merupakan singkatan dari High Speed yang berarti teknologi ini menggunakan link 802.11. Pada versi 3.0 ini, terdapat teknologi yang disebut Alternate MAC/PHY (AMP).
Dengan menggunakan teknologi yang mendukung link 802.11, transfer data antar perangkat menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Di beberapa smartphone kelas low-end, teknologi Bluetooth ini masih banyak digunakan.

Artike Lainnya  Cara install PrestaShop secara manual di hosting

Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transfer data yang lebih cepat. “HS” pada versi ini merupaka singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.

  • Bluetooth 4.0 + LE

Bluetooth versi 4.0 + LE atau dikenal dengan Bluetooth Low Energy. Keunggulan utama dari Bluetooth versi ini adalah konsumsi energinya yang rendah. Karena itu, perangkat yang menggunakan Bluetooth versi 4.0 + LE membantu baterai atau listrik jadi lebih hemat. Bluetooth versi ini juga dapat menjangkau area yang luas hingga 100 meter. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati kecepatan transfer hingga 1 Mbps dan kemanan yang lebih terkontrol dibanding dengan Bluetooth versi.

  • Bluetooth 4.1

Bluetooth SIG mengumumkan adopsi formal spesifikasi v4.1 Bluetooth pada 4 Desember 2013. Spesifikasi ini merupakan update inkremental perangkat lunak dengan Spesifikasi Bluetooth v4.0, dan tidak update hardware. Update menggabungkan Bluetooth Core Specification Addenda (CSA 1, 2, 3 & 4) dan menambahkan fitur baru yang meningkatkan kegunaan konsumen. Ini termasuk peningkatan dukungan co-eksistensi untuk LTE, tingkat-dan pertukaran data curah inovasi pengembang bantuan dengan memungkinkan perangkat untuk mendukung peran ganda secara bersamaan.

  • Bluetooth 4.2

Hampir setahun setelah perilisan Bluetooth versi 4.1, Bluetooth versi 4.2 juga diluncurkan ke publik. Beberapa peningkatan yang dikembangkan pada Bluetooth versi ini adalah pada kecepatan dan keamanan yang lebih tinggi. Bahkan disebut-sebut kecepatan unduh Bluetooth versi 4.2 meningkat 2,6 kali dibanding Bluetooth versi sebelumnya.

  • Bluetooth 5.0

Versi Bluetooth paling baru yang dikenalkan pada 16 Juni 2016. Bluetooth 5.0 dirancang secara khusus untuk menyediakan komunikasi yang aman tanpa banyak gangguan. Fitur-fitur yang terdapat pada Bluetooth versi terbaru ini juga difokuskan pada teknologi IoT atau Internet of Things yang sedang berkembang.Bluetooth versi 5.0 juga memiliki peningkatan yang siginifikan dibanding Bluetooth versi lama, seperti pada jangkauan yang lebih luas, transfer data yang lebih cepat, serta mampu membawa ukuran data yang lebih besar. Dan untuk kebutuhan marketing, Bluetooth versi 5.0 ini cukup disebut dengan Bluetooth 5 (tidak 5.0 seperti pada Bluetooth versi 4.0).

Artike Lainnya  Cara Menghilangkan Iklan Di Browser Google Chrome

Bluetooth 5.1

Pada versi bluetooth 5.1 ini terdapat beberapa pembaruan dan juga pengurangan fitur yakni unit keys, tetapi ditambahkan beberapa fitur seperti AoA dan AoD yang digunakan untuk mencari posisi letak device jadi mirip GPS. kemudian ditambahkan fitur vital pada bluetooth 5.1 ini yakni Mesh based hierarchy yakni cikal bakal teknologi hemat daya atau Low Energi untuk penggunaanya. versi ini diluncurkan pada awal tahun 2019

Bluetooth 5.2

Bluetooth versi 5.2 ini adalah versi paling baru yang diluncurkan pada akhir 2019 lalu pada ajang CES 2020. banyak sekali fitur yang ditambahkan  seperti dukungan codec LC3 serta protokol yang baru. versi bluetooth 5.2 ini dijanjikan akan lebih hemat dalam komsumsi baterai jadi device tidak akan cepat mudah habis batrainya yang disempurnakan lagi dari versi 5.1.

Nah, itulah jenis jenis versi perkembangan Bluetooth . Teknologi Bluetooth yang dibenamkan pada setiap perangkat tentunya berbeda-beda. Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang ditawarkan pada setiap perangkat, versi Bluetooth yang ditanamkan juga bisa lebih tinggi. Semoga bermanfaat Terima kasih.