1. Kapasitor Nilai Tetap (Fixed Capasitor)

Fixed Capasitor atau Kapasitor Nilai tetap merupakan kapasitor yang nilai kapasitasnya tidak mengalami perubahan atau berubah-ubah.

2. Kapasitor Keramik (Ceramic Capasitor)

Ceramic Capasitor atau Kapasitor Keramik memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang berbentuk bulat tipis ada pula yang persegi empat dengan warna merah, coklat, hijau atau warna yang lainnya.

Untuk pemasangan kapasitor keramik yang dipasang pada papan rangkaian (PCB) boleh dilakukan secara bolak balik karena kapasitor ini tidak memiliki kaki negatif maupun kaki positif.

Satuan kapasitas yang digunakan biasanya pikoFarad hingga NanoFarad (nF). Dengan tegangan kerja maksimal dari 25 Volt hingga 100 volt. Akan tetapi juga terdapat hingga ribuan volt.

Contoh kasus biasanya pada badan tertulis 203, maka nilai kapasitasnya adalah 20.0000pikoFarad sama dengan 20 nanoFarad sama dengan 0,02 farad. Sementara jika pada badan tertulis 502 maka nilai kapasitasnya adalah 0,05 Farad.

3. Kapasitor Polyster

Pada dasarnya kapasitor ini sama saja dengan kapasitor keramik. Akan tetapi bentuknya saja yang berbentuk persegi empat. Biasanya berwarna hijau, merah, coklat dan warna lainnya.

4. Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas ini memiliki isolator yang terbuat dari kertas. Nilai kapasitor ini umumnya berkisar antara 300pF hingga 4µF. kapasitor ini bisa dipasang bolak balik dalam rangkaian elektronika.

Artike Lainnya  Pengertian dan jenis Kapasitor elektronik

5. Kapasitor Mika

Kapasitor ini juga sering disebut dengan kondensator padder. Biasanya dipasang pada radio yang berfungsi sebagai filter frekuensi dengan menggunakan sirkuit oscilator.

Untuk menghitung nilai kapasitas pada sirkuit oscilator adalah sebagai berikut:

Kapasitas 200 pF – 500 pF untuk daerah gelombang menengah (Medium Wave / MW) = 190 meter – 500 meter.

Kapasitas 1.000 pF – 2.200 pF untuk daerah gelombang pendek (Short Wave / SW) SW 1 = 40 meter – 130 meter.

Kapasitas 2.700 pF – 6.800 pF untuk daerah gelombang SW 1, 2, 3 dan 4, = 13 meter – 49 meter.

6. Kapasitor Variabel

Kapasitor variabel memiliki nilai kapasitas yang berubah-ubah dan terdiri dari dua jenis yaitu:

Varco (Variabel Condensator) biasa dipakai pada radio yang biasanya difungsikan untuk memilih gelombang pada rangkaian radio. Pada kapasitor ini memiliki nilai kapasitas maksimal sekitar 100pF hingga 500 pF.

Trimmer Kondensator biasanya dipasang pada rangkaian paralel dengan fungsi sebagai pengatur pemilihan frekuensi gelombang. Nilai kapasitas yang dimiliki biasanya dibawah 100pF.

7. Kapasitor Elektrolit

Electrolytic Condenser atau yang lebih sering disebut Elco ini biasanya berbentuk tabung dengan dua kutub kaki yaitu kaki negatif dan kaki positif.

Nilai kapasitas yang dimiliki sekitar 0,47 mikroFarad hingga ribuan mikroFarad dengan tegangan yang bekerja dari hanya beberapa volt hingga ribuan volt.