Jika saat ini kalian berlangganan sebuah provider internet dari Indihome mungkin sudah mendengar jika kabel yang digunakan sudah menggunakan Kabel Fiber Optik. Kabel Fiber Optik sendiri adalah sebuah jenis kabel jaringan yang bahannya terbuat dari serat kaca atau juga plastik yang halus. Kabel ini biasanya digunakan sebagai alat untuk transmisi sinyal berupa cahaya dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Ukuran dari kabel Fiber Optik ini sangatlah kecil dan halus. Diameter dari serat kabelnya sekitar 120 mikrometer. Komponen yang ada pada jaringan ini mempunyai kecepatan transmisi yang rata-rata cukup tinggi. Hal itu terjadi karena jenis kabel ini menerapkan prinsip pembiasan cahaya. LED dan Laser merupakan sumber cahaya yang digunakan dalam proses transmisi datanya.

Untuk saat ini, Kabel Fiber Optik atau juga kadang disebut serat optik ini merupakan salah satu komponen yang sudah mulai terkenal di dunia internet dan komunikasi. Karena, keunggulan dalam kecepatannya bisa menjadi senjata andalan Kabel Fiber Optik.

Kabel yang ada pada Fiber Optik tidak hanya satu jenis saja. Banyak sekali cara kerja dari fiber optik sebagai media transmisinya. Maka dari itu, Inilah jenis-jenis fiber optik.

  • Single Mode

Fiber Optik Single Mode mempunyai banyak macam arti, khususnya pada teknologi. Pada single mode ini, hanya terdapat satu indeks cahaya yang tanpa terpantul dan merambat ke sepanjang media dibentangkan. Satu buah sinar yang tidak terpantul tadi akan membuat fiber optik pada mode ini jarang sekali mengalami gangguan. Apabila memang ada gangguan, maka sumbernya berasal dari luar.

Artike Lainnya  5 merk SSD Laptop terbaik 2020

Untuk single mode ini, diameternya kurang lebih 8,3 hingga 10 mikron. Pada single mode yang diameternya sangat sempit, hanya dapat menyebarkan 1310 hingga 1550 nanometer. Single mode ini juga bisa mentransfer data di atas rata-rata dan bahkan hingga 50 kali lipat dibandingkan multimode. Dengan core kecil tersebut serta gelombang cahaya tunggal, maka distorsi dapat dikurangi. Dan single mode ini juga bisa memperoleh data dengan bandwitch yang lebih besar bila dibandingkan multi fiber optik. Akan tetapi, teknologi ini sangat tergantung dengan sumber cahaya, sehingga akan membutuhkan biaya yang besar.

Fungsi Fiber Optik

Apabila kita melihat pengertian dari fiber optik sendiri, pada dasarnya kabel fiber optik mempunyai fungsi untuk menghubungkan antar komputer dalam sebuah jaringan yang sama. Perbedaan dari kabel fiber optik dengan kabel-kabel lainnya terdapat pada kecepatan aksesnya yang tinggi. Beberapa kelebihan serat optik jika dibandingkan dengan kabel biasa adalah sebagai berikut :

  1. Bisa memberikan kecepatan transfer data yang cukup tinggi dan kapasitasnya sanggup mencapai 1GB/detik.
  2. Transfer data bisa akan dilakukan dengan jarak jauh tanpa menggunakan bantuan alat penguat sinyal.
  3. Bahannya terbuat dari serat kaca serta plastik sehingga tidak perlu khawatir kabelnya cepat berkarat.
  4. Ukuran dari kabelnya kecil dan sangat fleksibel.
  5. Gelombang yang digunakan oleh Fiber Optic adalah gelombang cahaya sehingga tidak perlu khawatir dengan adanya gangguan elektromagnetik seperti gelombang radio.
  6. Kabel Fiber Optik juga tidak mengandung aliran listrik sehingga dapat mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada listrik yang bisa menyebabkan korsleting.
  7. Dari sisi keamanan cukup tinggi sebab minim adanya distorsi
  8. Bertahan dalam kondisi cuaca, contohnya saja kecepatan tetap lancar meskipun hujan sedang lebat.
Artike Lainnya  Melakukan pendekantan terhadap konsumen potensial

Meskipun dari Kabel Fiber Optik memiliki berbagai macam kelebihan, namun kabel ini juga tidak luput dari kekeurangannya sebagai berikut.

  1. Biaya yang dibutuhkan untuk pasang Fiber Optic relatif mahal.
  2. Harus adanya konversi data dari listrik ke cahaya, begitu juga sebalikya dan hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  3. Peralatan untuk melakukan pemasangan dan juga pemakaiannya juga harus menggunakan alat khusus.
  4. Memerlukan tenaga ahli yang terampil dan cekatan ketika terjadi permasalahan yang cukup kompleks.
  5. Di lain sisi, saat kabel ini tidak mengandung listrik, maka perlu adanya pembangkit listrik eksternal.
  6. Dapat menyerap hidrogen sehingga bisa menyebabakan data-data dapat terganggu.
  7. Proses instalasi terbilang cukup rumit.

Itulah beberapa pengertian dan fungsi dari kabel Fiber Optic, semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaca. Terimakasih.