Dalam kehidupan sehari hari kita mendapat banyak manfaat komputer dalam kegiatan kita. Perkembangan sebuah teknologi komputer dan informasi akan terus-menerus mengalami kemajuan. Berbagai macam teknologi yang saat ini kita rasakan tidak terjadi hanya dalam sekejap mata. Jika kita melihat sejarah dari perkembangan jaringan komputer, bisa disimpulkan waktu yang diperlukan hingga sampai menjadi seperti ini tidaklah sedikit.

Jika kalian pernah merasakan teknologi komunikasi tradisional seperti mengirim sepucuk surat, maka kalian akan merasakan perbedaannya dengan zaman sekarang. Dulu sebelum terciptanya SMS dan juga pesan instan, orang-orang zaman dulu hanya menggunakan surat untuk berkomunikasi atau mengobrol dengan kerabat juga keluarga yang tinggalnya sangat jauh.

Begitu juga dengan sebuah perangkat elektronik seperti komputer. Dahulu sebelum komputer jadi alat yang populer, Mesin tik pernah menjadi primadona alat untuk pengetikan pada masa-nya. Akan tetapi, apakah manfaat dari komputer hanya untuk pengetikan saja? Tentu saja tidak. Inilah manfaat dari perkembangan komputer untuk kegiatan sehari-hari.

  • Mempercepat Pekerjaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Manfaat dari komputer dalam bidang industri merupakan alat pengganti mesin tik. Zaman dulu, saat ingin melakukan pengetikan di suatu tempat, kita harus membawa sebuah mesin tik yang bobotnya lumayan berat. Selain itu juga, apabila kita salah dalam pengetikan, maka demngan terpaksa harus mengganti kertas yang baru. Apabila tidak bisa membawa mesin tik, maka tulisan tangan adalah solusi. Namun, tulisan tangan setiap orang juga berbeda-beda dan tentu saja tidak semua orang bisa membaca tulisan tersebut.

Artike Lainnya  Para pemenang kejuaraan Dota 2 : The International

Dengan berkembangnya komputer, kita tidak perlu lagi merasakan susah dalam pengetikan. Saat tulisan ada yang salah, kita juga tidak perlu repot-repot mengganti kertas selama pengetikan belum dicetak. Kita bisa mengeditnya terlebih dahulu hingga tulisan sudah benar-benar siap untuk dicetak. Kalaupun ingin dibawa, sekarang ukuran komputer sudah ada yang lebih kecil dan juga ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

  • Jadi Alternatif Alat Komunikasi

Jika dahulu komputer hanya berfungsi sebagai alat penegtikan saja, sekarang komputer juga bisa dijadikan alat alternatif untuk melakukan komunikasi. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan komunikasi juga. Dengan banyaknya media sosial, hal tersebut juga berpengaruh pada kemajuan komputer. Mungkin kalian masih ada yang ingat atau pernah merasakan chatting pada waktu aplikasi Yahoo Messenger, Friendster, Facebook, dan lain-lain dahulu.

Seiring dengan berjalannya waktu, media sosial sekarang cenderung lebih banyak dipasang pada smartphone. Walaupun begitu, untuk komputer masih terdapat media lain untuk berkomunikasi seperti Skype contohnya.

  • Sarana Buka Usaha

Saat ini orang bisa membuka usaha hanya dengan menggunakan komputer dan beberapa pendukung lainnya saja. Usaha-usaha seperti warung internet, percetakan, rental komputer hingga sekarang masih tetap ada, terutama bagi kalangan mahasiswa. Selain itu juga, untuk kalian yang ingin usaha juga bisa dilakukan seperti adanya toko online, Freelancer secara online, dan masih banyak lagi.

  • Alternatif Hiburan

Bagi sebagian orang mungkin tidak heran jika komputer juga menawarkan multimedia yang cukup lengkap. Apabila dulu jika kita ingin menikmati media hiburan secara terpisah seperti konsol game, MP3 player, televisi, radio, dan VCD/DVD player, maka sekarang semua media-media tersebut bisa kalian nikmati hanya dalam satu perangkat yakni komputer.

Artike Lainnya  Perbedaan Harddisk dan SSD

Itu saja belum lagi ditambah adanya akses internet yang semakin menambah daftar hiburan yang bisa dilakukan oleh komputer. Adapunhal tersebut sekarang bisa dilakukan pada smartphone, namun pada komputer lebih nyaman dan juga lebih enak dalam menikmati hiburan.

  • Media Konten Kreator

Apakah kalian pernah melihat sebuah gambar atau juga video yang dibuat semenarik dan selucu mungkin? hal tersebut tidak terlepas dari peran aplikasi yang ada pada komputer. Aplikasi semacam Adobe Photoshop, Video Editor, Adobe Premier, dan beberapa software gratis untuk editing video lainnya yang dapat dipelajari hanya dengan melihat tutorialnya di internet. Bisa dengan video maupun artikel yang sudah tersebar banyak di internet. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika saat ini muncul para pembuat konten kreator seperti Youtuber, Vloger, Blogger, dan dengan sebutan lainnya.

Itulah artikel tentang manfaat komputer dalam kegiatan sehari hari, mungkin kalian salah satu penikmat nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca.Terimakasih.