Kini kita sudah di temukan di bulan ramadhan atau bulan seribu kebaikan. Bulan dimana kita wajib hukumnya untuk berpuasa selama satu bulan. Kecuali ada beberapa hal yang membuat kita terpaksa tidak melakukan puasa yaitu orang sakit dan lainya.

Tentunya dalam berpuasa harapanya kita bisa full atau tidak batal dalam menjalaninya. Karna di balik itu ada pahala yang sangat besar apabila kita dapat menjalankannya dengan baik. Demikian beberapa hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari seseorang.

  • MUNTAH DI SENGAJA

Muntah secara di sengaja bisa menyebabkan batalnya puasa. Kecuali kalo mutah secara tidak sengaja karna sakit atau ada hal yang membuat kita mutah maka tidak membatalkan puasa.

Rasulallah SAW pernah bersabda :

Barangsiapa yang terpaksa muntah, maka tidak baginya untuk berpuasa.

  • HAID/MENSTRUASI

Haid/menstruasi adalah salah satu penyebab batalnya puasa bagi kaum hawa. Apabila darah keluar pada saat wanita itu berpuasa maka puasanya di pastikan batal. Meskipun haid adalah fitrahnya perempuan namun wanita tetap nantinya mengqadha/mengganti puasa di lain hari.

  • NIFAS

Nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita setelah proses melahirkan. Keluarnya darah nifas ini bisa membatalkan puasa apabila darah itu keluar waktu wanita sedang menjalankan ibadah puasa.

  • MELAKUKAN HUBUNGAN SECARA SENGAJA

Hubungan intim antara suami isteri atau bukan dapat menyebabkan batalnya puasa. Dengan ketentuan sengaja atau tidak melakukan hubungan tersebut wajib hukumnya untuk mengganti puasa/mengqdha puasa tersebut. Oleh karna itu pada saat berpuasa jangan melakukan hubungan seksual sengaja maupun tidak di sengaja.

  • KELUAR MANI DENGAN SENGAJA
Artike Lainnya  Perbedaan Headphone, Headset dan Earphone

Dan salah satunya hal hal yang dapat membatalkan puasa adalah keluarnya air mani dengan sengaja. Misallnya onani dengan sengaja karna bertemunya kulit pria dan kulit wanita, meskipun juga tidak melakukan hubungan seksual. Namun jika air mani keluar tanpa di sengaja contohnya pada saat mimpi basah itu bukanlah hal hal yang bisa membatalkan puasa

Oke segitu aja artikel hal-hal yang dapat membatalkan puasa di bulan ramadhan ini. Semoga bermanfaat yaw.