Printer adalah suatu perangkat yang banyak orang membutuhkannya untuk mencetak tugas-tugas yang sedang di kerjakan. Untuk mengoperasikan printer kita membutuhkan sotware yaitu Driver. Driver printer berbeda-beda disesuaikan dengan tipe dan merek oleh produsen printer. Karena hal tersebut, kita tidak bisa sembarangan mendownload driver hanya berdasarkan merk printer.

Ketika kita melakukan install ulang pada laptop atau pada komputer kita, biasanya beberapa sebagian hardware drivernya tidak terinstall. Kita bisa mengetahui driver apa saja yang tidak terinstall melalui Device Manager, dengan adanya tanda pentung di samping ikon hardware. Jika printer yang sedang kita gunakan terdapat tanda pentung, itu tandanya driver pinter kita ikut terhapus. Kita bisa menginstall kembali driver bawaan menggunakan CD drivernya, tapi berbeda cerita jika CD drivernya hilang entah kemana.

Biasanya di setiap printer jika di sambungkan ke laptop atau komputer akan otomatis install driver dengan otomotis dan terkadang ada ukuran kertas pada driver tidak lengkap, tetapi terkadang ada yang mengharuskan install driver printer secara manual. Nah, bagi kalian yang sedang mengalaminya dan membutuhkan driver yang cocok dan sesuai keinginan untuk semua merk printer, tenang.. saya akan membagikan cara untuk mendapatkan driver printermu kembali.

Semua hardware laptop atau komputer memiliki ID masing-masing yang unik. Melalui hardware IDs, kita sebagai pengguna dapat dengan mudah menemukan driver yang cocok dari setiap masing-masing hardware. Dalam hal ini kita akan mencari ID hardware untuk mendownload driver sesuai dengan printer yang kita gunakan.

Artike Lainnya  Cara install semua driver laptop dengan mudah

Cara Mudah download Driver Untuk Semua Merk Printer Menggunakan Hardware IDs :

  1. Buka Start Windows Arahkan kursor ke Computer Klik kanan, kemudian Pilih Properties.

download driver semua printer dengan hardware ids

  1. Silahkan pilih Device Manager yang berada di sebelah kiri atas.
  2. Dalam Device Manager kita di perlihatkan semua hardware yang terinstall pada laptop atau komputer, cari hardware printer yang ditandai dengan tanda pentung.

Capture7

  1. Pilih hardware klik kanan, kemudian pilih Properties.
  2. Pilih tab Details Klik di bagian bawah tulisan Property Pilih Hardware Ids.

Capture9

  1. Klik kanan pada Id yang paling atas, kemudian pilih Copy.

Sampai tahap ini, kita sudah mendapatkan Id driver printer yang hilang. Selanjutnya kita mencari driver menggunakan Id Hardware di kolom pencarian Google.

  1. Buka Google dan Paste Id Hardware yang kalian Copy tadi di kolom pencarian.

download driver semua printer

  1. Kalian akan di tampilkan daftar situs yang menyediakan driver printer kalian.
  2. Buka linknya, kemudian unduh dan install drivernya.
  3. Selesai, Mudah sekali bukan..

Semoga Bermanfaat tata cara untuk download driver untuk semua jenis printer. Mohon maaf jika ada penyampaian bahasa yang keliru dan ada penulisan yang salah. Sekian dan Terima kasih.