Harddisk dan SSD adalah salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Khusus pada Laptop ataupun PC Desktop, Hardisk sampai saat ini masih menjadi media penyimpanan utama.

Bagi anda yang belum tahu, bahwa pada sebuah media penyimpanan seperti hardisk HDD maupun SSD mempunyai sebuah skema partisi. Skema partisi tersebut hingga saat ini ada dua jenis, yaitu GPT dan MBR. Perbedaan GPT (Guid Partition Table) dan MBR (Master Boot Record) sebagai sebuah skema partisi tentu saja didasarkan pada kebutuhan dari setiap perkembangan perangkat keras.

Pada dasarnya skema partisi GPT dan MBR tersebut memiliki peranan utama yaitu untuk menyesuaikan kinerja media penyimpanan dengan perangkat firmware. Misalnya saja, saat ini perangkat komputer yang menggunakan dua jenis sistem firmware, yaitu Legacy BIOS dan UEFI. Oleh karena itu, untuk mendukung kinerja UEFI, maka diperlukan juga skema partisi yang lebih baru, yaitu GPT. Sederhananya, jenis partisi MBR hadir untuk mengiringi firmware BIOS, dan GPT hadir untuk mengiringi firmware UEFI.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk cek jenis partisi Hardisk, apakah GPT atau MBR yang terpasang pada Hardisk anda. Namun, kebanyakan orang akan langsung mencari software apa yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan ini. Padahal, sebenarnya dapat cek jenis partisi hardisk dengan mudah tanpa mennggunakan software apapun.

  1. Cek Tipe Partisi Hardisk Menggunakan CMD
Artike Lainnya  Rekomendasi HP 2 jutaan terbaik untuk lebaran 2020

Cara pertama untuk melakukan jenis partisi Hardisk Laptop apakah GPT atau MBR tanpa software adalah menggunakan CMD yaitu sebagai berikut.

Silahkan buka Command Prompt atau CMD di Laptop anda, bisa dilakukan dengan mencarinya di Start Menu maupun dengan perintah Windows + C.

A screenshot of a social media postDescription automatically generated

Pada jendela CMD silahkan ketikan perintah diskpart.

A screenshot of a cell phoneDescription automatically generated

Jika meminta persetujuan dari administrator, silahkan klik YES.

A screenshot of a cell phoneDescription automatically generated

Lalu akan muncul jendela Diskpart, ketikan perintah list disk di jendela tersebut dan tekan Enter.

A screenshot of a computer screenDescription automatically generated

Perhatikan gambar di atas, dari sisi GPT dapat kita lihat terdapat tanda (*) artinya Disk tersebut bertipe GPT, ataupun sebaliknya jika tidak ada tanda (*) berarti bertipe MBR.

  1. Cek Tipe Partisi Hardisk Menggunakan Disk Management

Cara kedua untuk melakukan jenis partisi Hardisk Laptop apakah GPT atau MBR tanpa software adalah menggunakan Disk Management yaitu sebagai berikut.

Silahkan buka My Computer atau Disk PC terlebih dahulu, klik Manage pada Context Menu yang muncul untuk membuka Computer Management.

A screenshot of a cell phoneDescription automatically generated

Pada jendela Computer Management, silahkan klik Disk Management pada panel kiri, tepatnya di bagian Storage.

A screenshot of a cell phoneDescription automatically generated

Selanjutnya, pada panel utama silahkan klik kanan pada nama disk (bukan nama partisi) yang akan dicek jenis partisinya, misalnya Disk 0, lalu perhatikan pada menu, jika ada opsi Convert to MBR Disk, artinya jenis partisi Hardisk Laptop anda adalah GPT dan Sebaliknya, jika yang tertulis adalah Convert to GPT Disk, artinya jenis partisi Hardisk Laptop anda adalah MBR.

A screenshot of a social media postDescription automatically generated

itulah teman-teman tata cara cek tipe partisi harddisk tanpa aplikasi tambahan pada windows 10. sebenarnya ada beberapa aplikasi tambahan yang lebih lengkap untuk melihat informasi pada suatu harddisk akan tetapi itu akan kita bahas lain kali, karena kita sudah cukup mendapatkan informasi yang dibutuhkan yaitu cek tipe partisi harddisk kita.

Artike Lainnya  mengenal beberapa jenis kamera profesional