Dimasa-masa pandemi covid 19 sekarang ini banyak guru-guru yang mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online, atau memberikan tugas sekolah secara online. Nah bagi guru yang ingin membagikan tugas kepada murid-murid secara online, selain memanfaatkan grup watsapp ada alternatif lain nih agar lebih simpel dalam membagikan file dokumen tugas kepada murid-murid. Apa itu? Google drive, ya Google drive adalah salah satu fitur layanan dari google yang digunakan untuk menyimpan dan membagikan file-file yang mudah digunakan dan dengan keaman yang baik. Dengan google drive anda bisa menyimpan sekaligus membagikannya secara publik ataupun perorang yang akan bisa didownload melalui link unduhan.

Baiklah langsung saja kita simak caranya berikut ini:

  • Yang pertama Kalian harus memiliki akun google yang aktif, dan loginkan ke Browser anda, lebih mudah jika menggunakan browser google chrome

cara upload google drive

  • Setelah login akan tampil seperti gambar 3, lalu piih google apps seperti gambar 4, dan pilih Drive

  • Kemudian klik icon Baru / New dipojok kiri atas seperti gambar 5, dan pilih Upload File seperti gambar 6.

cara upload google drive

  • Silahkan pilih file atau document yang akan diupload dan dibagikan, dan klik Open seperti pada Gambar 7, tunggu hingga Proses Upload selesai.

  • Kemudian klik kanan pada file yang telah terupload, Dan pilih “Dapatkan Link Yang Bisa Dibagikan” setelah link tercopy, buka Notepad, paste-kan / tempelkan link tersebut, dan save.
Artike Lainnya  Pemrograman arduino : operator dan struktur pengendali

cara upload google drive

Selamat, File anda sudah berhasil diupload dan bisa diunduh orang lain lewat link tersebut. Sebenarnya ada banyak website-website lain untuk menyimpan file secara online untuk bisa didownload orang banyak. Tetapi untuk para pemula lebih baik menggunakan Google Drive. Karena cara yang paling simpel dan mudah memang menggunakan Google Drive.

Dengan menggunakan link seperti ini siswa-siwa juga akan lebih mudah mendownloadnya, dari pada harus dikirim melalui watsapp group. Selain memerlukan waktu yang lama untuk upload file banyak, terkadang juga jika siswa telat menyimak group file yang telah dikirim akan tenggelam oleh chat-chat yang lain.

Sekian tutorial cara upload file di google drive agar bisa di download banyak orang ya. semoga bermanfaat, terima kasih.