Perilisan awal aplikasi pada sistem operasi windows 10 sering mengalami kesalaha atau error. Aplikasi tiba-tiba berhenti bekerja saat berjalan, hal tersebut dapat dikarenakan aplikasi belum mendukung Windows 10.

Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, Anda dapat menghapus aplikasi yang bermasalah, atau menggunakana cara alternatif dengan melakukan foctory reset untuk mengembalikan windows pada komputer atau laptop Anda seperti baru lagi. Anda juga akan aman menggunakan cara Factory reset ketika ingin menjual laptop atau komputer kepada orang lain, karena semua data yang Anda miliki sebelumnya sudah terhapus secara menyeluruh.

Jika belum tahu cara reset windows 10 di laptop atau komputer, simak caranya berikut ini:

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard dan pilih Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Perbarui & Keamanan.
  3. Selanjutnya dari panel navigasi kiri pilih Pemulihan.
  4. Kemudian klik Mulai untuk me-restart komputer atau laptop.
  5. Pilih Simpan file saya atau Hapus semua sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  6. Jika Anda memiliki lebih dari satu penyimpanan, Anda akan langsung di arahkan ke penyimpanan dimana windows terinstal
  7. Jika Anda ingin menghapus file sampah yang mengganggu sistem operasi windows, pilih salah satu dari dua opsi yang tersedia, misalnya, Hapus file sederhana dan Hapus file dan hapus disk.
  8. Hapus file sederhana merupakan proses factory reset yang cepat. Namun, pilihan ini kurang direkomendasikan karena masih ada kemungkinan file yang sudah terhapus bisa dipulihkan kembali.
  9. Hapus file dan hapus disk akan memakan waktu lebih lama sampai beberapa jam, karena proses ini memeriksa dan membersihkan file secara menyeluruh. Selain itu cara ini menyulitkan seseorang ketika ingin memulihkan file yang terhapus. Jika Anda berencana untuk menjual komputer atau laptop dengan Windows 10, opsi ini bisa menjadi pilihan yang aman.
  10. Microsoft akan memberitahukan kepada Anda bahwa, dari factory reset merekomendasikan Anda untuk melakukan instal ulang Windows 10. Setelah instal ulang selesai, Anda tidak bisa lagi mengembalikan windows ke versi sebelumnya.
  11. Pilih Berikutnya.
  12. Klik Reset dan biarkan proses berjalan. Proses tersebut bisa memakan waktu yang lama sekitar 30 menit hingga beberapa jam, lama durasi tergantung Anda ketika memilih opsi.
Artike Lainnya  Cara Menambahkan Font Di Laptop Atau PC Windows

Setalah selesai reset sistem, ikuti saja semua intruksi untuk melakukan instal ulang Windows 10. Ketika sudah selesai instal ulang Windows 10, pastikan kembali pengaturan yang Anda lakukan sebelumnya sudah terhapus semua, dan dikembalikkan sistem yang baru ke pengaturan default.

Sebelum melakukan factory reset Windows 10, sebaiknya Anda cadangkan semua file pribadi ke penyimpanan external atau penyimpanan cloud. Karena setelah melakukan factory reset, semua file Anda dalam penyimpanan komputer atau laptop akan terhapus.

Demikian cara mudah reset Windows 10 di komputer atau laptop.