hallo guys, semoga senantiasa sehat selalu, ok! Dalam dunia komputer, kompresi file sangatlah dibutuhkan untuk memadatkan data menjadi lebih kecil. Sehingga, fungsi ruangan penyimpanan data juga menjadi lebih efektif. File-file saat ini memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan jenis file tersebut, sebut saja file suara, gambar, bahkan video yang kini memiliki ukuran yang cukup besar.

Terkadang untuk mengirim sebuah file kita perlu mengirimnya satu persatu dengan ukuran memori aslinya. Sehingga memberatkan saat pengiriman file. Oleh karena itu, file kompresi ini juga sangat berguna untuk mempersingkat waktu proses pemindahan data. File ZIP atau RAR merupakan salah satu file kompresi yang paling populer. Selain dapat mengompresi beberapa file dalam satu file atau pengarsipan data, keduanya juga dapat menjaga kualitas file tanpa adanya file yang rusak atau hilang. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara bagaimana membuat file zip di computer. Oke langsung saja simak berikut ini:

Cara Membuat File ZIP/RAR dengan Mudah

ZIP atau RAR merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menyatukan beberapa file menjadi satu paket dengan menggunakan metode kompres sehingga memudahkan pengirim dalam memindahkan file kompres tersebut.

Menggunakan ZIP / RAR sangat membantu kita untuk menghemat memori yang dimiliki oleh file, dengan metode kompres maka ukuran semula suatu file akan dikompres menjadi lebih ringkas. Nah untuk caranya adalah :

Artike Lainnya  Tips menjalani pola hidup sehat

Cara Membuat File zip

  1. Jika belum punya silahkan download terlebih dahulu
  2. Jika sudah berhasil instal, maka sudah bisa membuka dan membuat format file RAR/ZIP, ikuti langkah-langkah berikut:
  3. Pergilah ke direktori file yang akan kamu kompres bersama.
  4. Sorot folder / file yang ingin kamu kompres (dalam kasus ini berbentuk folder).
  5. Klik kanan pada folder / file yang telah disorot, lalu klik send to
  6. Lalu langkah terakhir adalah klik pilihan “compressed (zipped) folder” dan seketika folder kompres akan terbuat.

Cara Membuat File rar

  1. Pilih atau blok data yang ingin di RAR > klik kanan pada file yang telah dipilih > pilih WinRAR > Pilih Add to “[nama_file].rar”
  2. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  3. File telah berhasil di kompresi RAR.

Mudah bukan untuk membuat file zip di komputer atau laptop, atau juga bisa membuat file rar di komputer. dengan menggunakan zip atau rar maka file biasanya akan terkompres dan susah untuk di susupi sebuah virus ataupun malware.