Mungkin beberapa dari kamu pernah mengalami pada ponsel ketika kartu sim card tidak terbaca atau secara tiba-tiba kartu sim tersebut tidak bisa terbaca, mungkin beberapa kasus yang menyebabkan kartu sim tidak terbaca karena kartu yang telah lama atau ada kesalahan pada system bahkan bagian kuningan sim card rusak. Pada dasarnya SIM Card merupakan salah satu jenis dari micro sim yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan dan menjadi alat tambahan untuk berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Tanpa adanya sim card maka android tidak akan pernah bisa digunakan untuk berkomukasi, baik itu sms, telepon, atapun internet. Sebagian dari kita mungkin sudah pernah megalami kartu sim tidak terbaca. Masalah ini tentunya membuat kita merasa kesal, apalagi jika disaat sedang keadaan darurat. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi mengatasi SIM tidak terbaca.

1. Bersihkan Kuningan Simcard

Langkah pertama yang bisa kita ambil adalah dengan cara membersihkan kuningan Sim Card tersebut hingga bersih. Buka dan lepaskan kartu SIM yang tidak terbaca dari slot HP yang tersedia kemudian bersihkan dari debu-debu yang mengganggu kinerja kartu SIM menggunakan penghapus (gosok perlahan), Selain itu kita juga dapat membersihkan menggunakan minyak kayu putih dan juga tisu.

2. Matikan HP dan Coba SIM Card Lain

Jika langkah pertama belum berhasil, coba dengan SIM Card dari provider lain. Lakukan hal yang sama pada SIM Card HP lainnya untuk mendeteksi kerusakan. Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan adalah SIM card tersebut rusak. Namun, jika kartu SIM dapat berfungsi dengan baik di HP yang lain, maka bisa dapat dipastikan komponen yang ada di dalam mengalami malfungsi.

Artike Lainnya  Cara install tema atau template baru di wordpress

3. Menggunakan Mode Pesawat

Cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan di smartphone kita. Caranya cukup dengan mengaktifkan Mode Pesawat, lalu diamkan beberapa saat, setelah itu matikan airplane mode. Dengan melakukan cara tersebut sistem akan secara otomatis melakukan setting jaringan dan mencari sinyal.

4. Atur Ulang Jaringan

Sinyal tidak dapat muncul juga dapat disebabkan oleh pengaturan jaringan yang salah. Yang mengakibatkan masalah pada kartu sim, untuk mengatasi hal ini ubah ke mode jaringan menjadi otomatis, caranya Buka Pengaturan, Setelah itu pada Pengaturan Jaringan dan Network pilih Jaringan Seluler atau Mobile Network, Kemudian pilih aktifkan Choose Automatically.