YouTube adalah sebuah platform video online yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Platform ini didirikan pada tahun 2005 dan sejak itu telah menjadi salah satu situs website paling populer di seluruh dunia. YouTube memungkinkan penggunanya untuk menemukan video tentang hampir semua topik yang bisa dibayangkan, termasuk musik, film, televisi, tutorial, olahraga, game, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat membuat saluran di YouTube, yang memungkinkan mereka untuk membangun pengunjung dan memonetisasi video mereka melalui iklan, sponsor, dan fitur lainnya. YouTube juga menyediakan alat pengeditan video dan analisis yang membantu pengguna untuk meningkatkan kualitas konten dan memahami audiens lebih baik.

YouTube juga merupakan salah satu platform video sharing terbesar di dunia yang memiliki jutaan pengguna dan ribuan jam video yang diunggah setiap harinya. Salah satu hal yang membuat YouTube lebih menarik adalah fitur subtitle yang memungkinkan penonton untuk membaca teks dari video yang sedang mereka tonton, meskipun tanpa audio.

Untuk menambahkan subtitle bahasa indonesia di video youtube, kamu dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Buka video pada channel YouTube yang ingin ditambahkan subtitle bahasa indonesia.

menambahkan subtitle indonesia youtube

  • Klik tombol “Setting/pengaturan” (roda gigi) yang terdapat di sebelah kanan video.

  • Pilih “Subtitle/CC” dari menu drop-down.

  • Pilih bahasa “Indonesian” dari daftar pilihan bahasa atau sesaui dengan keinginan bahasa yang kalian ketahui.

menambahkan subtitle indonesia youtube

  • Dan video yang kamu tonton akan memiliki subtitle atau terjemahan bahasa indonesia, dan juga jika video kalian berbahasa inggris atau indonesia maka akan terdapat terjemahan atau subtitle bahasa asli dari video tersebut.

Catatan: Jika kamu tidak memiliki akses untuk menambahkan subtitle, maka kamu perlu menunggu sampai pemilik video memberikan akses kepada kamu atau meminta bantuan dari pemilik video.

Artike Lainnya  Pemrograman Arduino : Kode digital dan kode analog

Dengan menambahkan subtitle bahasa indonesia di video youtube, penonton akan lebih mudah untuk memahami isi video tersebut meskipun mereka tidak memahami bahasa yang digunakan pada video tersebut. Subtitle juga membantu penonton yang memiliki gangguan pendengaran untuk tetap dapat menikmati video.

Oleh karena itu, membuat subtitle pada video YouTube adalah hal yang penting untuk memastikan bahwa video kamu dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin penonton.