Semua orang memiliki privasi tersendiri di dalam kehidupannya. Begitu juga pengguna laptop, untuk melindungi semua data-data yang ada di laptop, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunci laptop menggunakan password. Jika laptop yang kamu miliki menggunakan Windows, kamu bisa memanfaatkan fitur pengunci terbaik yang telah tersedia untuk melindungi laptop kamu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatur password di Windows bisa di bilang sangat mudah, bahkan jika kamu masih pemula juga bisa melakukannya. Walaupun untuk mengaturnya sangat mudah, namun fitur pengunci ini tentunya sangat sulit untuk di bobol.

Dalam mengatur password di Windows, di sarankan untuk menulis password yang kamu buat ke dalam buku catatan kecil pribadimu. Yang jadi permasalahan ketika buku catatan kecil kita hilang dan kita lupa dengan password yang sudah di atur pada laptop, hal tersebut membuat kita sendiri tidak bisa mengakses laptop yang terkunci. Tenang, dan jangan langsung panik, ternyata ada caranya untuk mengatasi lupa password laptop.

Untuk memulihkan lupa password pada laptop, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Cara-cara ini menurut saya yang paling mudah, tapi juga sangat bisa di andalkan untuk mengatasi lupa password laptop. Dan berikut ini 3 cara beserta langkah-langkah mengatasi lupa password laptop:

  • Login ke Safe Mode

Safe Mode biasanya di gunakan untuk menganalisa berbagai masalah yang terjadi pada laptop. Safe Mode ini juga bisa di manfaatkan untuk kamu yang lupa dengan password di laptop milikmu. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama masuk ke dalam Safe Mode. Pastikan laptop kamu dalam keadaan mati Tekan tombol power untuk menghidupkan laptop Pada saat kondisi laptop sedang Booting segera tekan tombol F8 atau kombinasi tombol Shift+F8 sebelum laptop masuk ke dalam Windows.
  2. Ketika kita berhasil, kita akan masuk ke dalam tampilan Advance Boot Option. Kemudian kamu arahkan pilihan ke menu Safe Mode Tekan Enter. Dengan otomatis, laptop akan menampilkan Safe Mode.
  3. Setelah layar laptop menampilkan Safe Mode sepenuhnya Pilih Start Menu Pilih Control Panel.
  4. Pada tampilan Control Menu di Safe Mode, kamu pilih User Account.
  5. Kemudian pilih opsi Manage Another Account Pilih akun mana yang akan kamu rubah passwordnya Pilih Change the Password untuk mengubah password akun.
  6. Kamu akan di minta untuk memasukkan password baru ketik ulang password yang sama pada kolom konfirmasi password. Setelah selesai Pilih tombol Change Password.
  7. Kamu sudah bisa merubah password laptop, selanjutnya Restart laptop. Ketika sudah di halaman untuk memasukkan password, silahkan isi password yang baru saja kamu buat tadi.
  8. Login menggunakan akun Administrator
Artike Lainnya  3 Fakta Counter Strike Yang Mungkin Belum Kalian Tau!

Cara ini bisa di lakukan ketika sudah masuk ke layar uatama Windows, tapi kita lupa dengan password yang digunakan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pilih Start Menu Pada kolom pencarian ketikkan lusrmgr.msc Tekan Enter.
  2. Otomatis akan muncul menu Local Users and Groups Pilih User.
  3. Kemudian akan muncul daftar akun Windows Pilih akun yang kamu sudah lupa passwornya Klik Kanan Pilih Set Password.
  4. Kamu akan di minta untuk memasukkan password baru Setelah selesai, Pilih OK.
  5. Menggunakan Hiren’s Boot CD

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah lupa password pada laptop, cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah lupa password yang sedang kamu alami. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Download terlebih dahulu Software bernama Hiren melalui >>>LINK INI<<< Kemudian lakukan burning Hiren ke dalam CD atau DVD yang kosong.
  2. Masukkan CD atau DVD yang berisi software Hiren ke CD Room laptop atau CD Room External.
  3. Restart laptop Lakukan Boot ke CD atau DVD.
  4. Terakhir, ikuti Step by Step yang di tampilkan software Hiren.

Itulah cara-cara memulihkan lupa password laptop. Mohon maaf jika terdapat tata bahasa yang keliru dan ada penulisan yang salah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, sekian dan terima kasih..