Jangan panik terlebih dahulu jika file anda buka menjadi properties, disini kami akan membahas bagaimana mengatasi double klik menjadi properties. Sedikit cerita kemarin saya mendapatkan customer yang mempunyai masalah office tidak bisa dibuka ternyata setelah saya cek tidak kenapa-kenapa tapi anehnya pas dibawa orangnya keluar kota eror teresebut muncul kembali, ternyata erornya pada keybord yang nekan di tombol ALT yang menyebabkan menjadi properties. kerusakan ini sering terjadi jika keyboard laptop kita jarang dibersihkan atau keyboarnya terselip sesuatu benda kotoran yang menyebabkan tombol tersebut menekan terus menerus, sehingga ketika kita mengklik file atau folder maka akan otomatis membuka properties dari file atau folder windows.

Cara yang biasanya saya lakukan ketika ada masalah seperti tesebut, cara mengatasi double klik menjadi properties :

Siapkan terlebih dahulu alat yang ingin digunakan

  • Pinset siku tajam
  • Kuas / sikat gigi

double klik file properties

  • Contact cleaner

  • Jarum

double klik file properties

Langkah langkah membersihkan seperti dibawah ini :

  1. Buka tombol keyboard yang trouble menggunakan pinset ( hati hati jangan sampai pengunci kecil pecah atau patah )
  2. Bersihkan bagian keybord yang sudah terbuka tadi menggunakan kuas / sikat gigi sambil di semprot menggunakan contact cleaner sedikit saja jangan sampai karet dibagian keyboard lepas
  3. Coblos bagian ujung karet keyboard hingga berlubang
  4. Semprot ujung karet yang berlubang menggunakan contact cleaner sedikit saja yang terpenting dalam karet sudah terisi cairan tersebut
  5. Pencet pencet hingga tombol ALT tersebut tidak tertekan (sambil buka keyboard test dibrowser)
  6. Jika sudah tidak nekan pasang kembali tombol keyboard. Semoga berhasil menggunakan cara diatas tersebut.
Artike Lainnya  Mengapa Kapasitas harddisk tidak sesuai

Cara kedua kali ini saya belum mempraktekan karena belum mendapatkan trouble seperti ini kembali tapi cara ini sedikit cukup simple dan aneh kalau dipikir pikir semoga saja cara ini bisa membantu.

  1. Tekan tombol alt kanan sebanyak tiga kali
  2. Tekan tombol alt kiri sebanyak tiga kali
  3. Tekan tombol K sebanyak tiga kali
  4. Tekan tombol Backspace sebanyak tiga kali

Selamat mencoba Cara memperbaiki double klik file menjadi properties di windows ini berhasil. Dan jika belum berhasil dengan kedua cara tersebut maka perlu kalian bawa laptop tersebut ke tempat service karena harus di cek lebih lanjut pada bagian keyboard laptop.