Seorang anak yang masih berusia 10 tahun diketahui telah berhasil meretas Instagram. Saat masih di bawah umur dan belum mencapai usia minimum seseorang untuk mendaftar di Facebook, nama seorang anak tersebut adalah Jani yang sudah bisa mengganggu keamanan server dari Instagram.

Karena keberhasilannya menemukan celah dalam sistem keamanan Instagram yang juga dimiliki oleh Facebook, hal ini membuatnya mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $10.000 atau sekitar 130 Juta dari Facebook.

Hadiah ini merupakan penghargaan serta komitmen Facebook terhadap program bug bounty, program ini merupakan kompetisi untuk menemukan kelemahan produk Facebook yang dapat diikuti oleh semua orang, dan Facebook akan memberikan hadiah kepada siapa saja yang menemukan bug tersebut.

Melansir dari situs Iltalehti, seorang anak dibawah umur bernama Jani berhasil masuk ke server Instagram dan dari situ dia bisa menghapus postingan dari postingan dan komentar orang lain di Instagram. Ia bahkan bisa menghapus komentar di postingan Instagram seorang artis Justin Bieber.

Jani melakukan aksinya tidak sendirian untuk meretas sebuah sistem keamanan yang dimiliki Instagram. Jani bersama dengan saudara kembarnya yang juga memiliki kemampuan sama dengan Jani, yaitu kemampuan untuk menemukan celah keamanan yang lemah pada sebuah website.

Kompetisi seperti program bounty bug yang diselenggarakan Facebook juga diadakan oleh banyak perusahaan teknologi besar lainnya, misalnya salah satu kompetisi yang dilakukan oleh perusaan Google yang memberikan hadiah $100.000 bagi yang bisa meretas sistem operasi chromebook.

Artike Lainnya  Cara memperbaiki keyboard laptop

Facebook juga menulis pengumuman dalam siaran pers resminya bahwa perusahaan telah menerima lebih dari 13 ribu laporan bug pada tahun 2015, dan hanya 526 yang dikategorikan sebagai laporan valid dan layak mendapatkan hadiah dari Facebook.

Pada tahun 2015, Facebook juga diketahui telah mengeluarkan dana sebanyak $936.000 untuk dibayarkan kepada 210 peneliti yang berhasil menemukan celah keamanan pada produk Facebook. Artinya, setiap orang yang berhasil meretas produk Facebook, rata-rata mendapat $1.780/laporan.

Sumber Informasi:

https://mashable.com/article/facebook-instagram-hack

https://www.iltalehti.fi/digi/a/2016050221506011

Demikian informasi mengenai seorang anak yang berhasil meretas sistem keamanan Instagram. Walaupun aksinya dibantu saudara kembarnya, Namun. melihat umurnya yang masih 10 tahun, aksi tersebut merupakan sesuatu peristiwa yang sangat jarang terjadi.