Apa itu text editor?

Text Editor merupakan suatu software aplikasi atau suatu program komputer yang memungkinkan kalian sebagai programmer untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks. Text editor bisa digunakan untuk membuat dan mengedit source code dari bahasa pemograman komputer. Selain itu, text editor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman seperti website, android ataupun desktop.

Berikut teks editor yang sering di pakai oleh Programmer.

  • Sublime Text

A close up of a signDescription automatically generated

Sublime Text merupakan editor untuk kode dan teks yang ada di berbagai platform operating system dengan menggunakan Phyton API. Sublime Text mendukung berbagai bahasa dalam pemrograman dan mampu menyajikan fitur yang hampir di semua bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh komunitas seperti C++, C, C#, Groovy, Haskell, Java, JavaScript,CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Ruby, SQL, TCL,Perl, PHP, Python, R, Textile and XML. Beberapa fitur yang ada di Sublime Text adalah Split Editing, Instant Project Switch, Plugin API, Goto Anything, Multiple Selections, Command Pallete, Distraction Free Mode, Customize Anything, Cross Platform.

  • Atom

A close up of a logoDescription automatically generated

Atom bisa dibilang Text Editor ini adalah kembarannya Sublime, Text Editor ini termasuk Open Source Software yang bisa di pakai Windows maupun di Linux. Atom dilengkapi dengan plug-in yang ditulis di Node.js yang dikembangkan GitHub. Packages dari Atom Tersedia 5119 yang bisa membantu kamu dalam membangun aplikasi, tersedia juga 1689 themes yang dapat kamu install dan gunakan sesuai keinginan, dan kamu bisa atur ukuran font, jenis font, line height, tab sesuai keinginan. Atom ini sifatnya Open Source dan anda bisa turut serta membuat packages dan theme menggunakan bahasa JavaScript.

  • Visual Studio Code

A picture containing drawing, clockDescription automatically generated

Visual Studio Code atau yang sering di sebut VSCode adalah editor yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows , Linux dan macOS. Selain tampilanya yang menarik, VSCode memiliki fitur syntax coloring dan bracket matching, sampai hari ini bahasa pemrograman yang mendukung fitur tersebut adalah Batch, C++, Closure, Coffee Script, DockerFile, Markdown, Objective-C, Perl, PHP, PowerShell, Python, F#, Go, Jade, Java, HandleBars, Ini, Lua, Makefile, R, Razor, Ruby, SQL, Visual Basic, dan XML.

  • Notepad ++

A close up of a logoDescription automatically generated

Notepad++ merupakan text editor untuk pemula terbaik yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ mendukung beberapa bahasa, diantaranya adalah Assembly, C, C++, C#, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, SQL, VB, XML, dan lainnya.

Artike Lainnya  Rekomendasi Antivirus untuk PC dan Laptop