Format gambar JPG ataupun JPEG merupakan format gambar standar yang sudah diterapkan pada beberapa standar file foto. Contohnya bisa kita lihat saat membuka file foto pada komputer, laptop, smartphone, hingga kamera digital. Kadang-kadang, kita ingin mengubah beberapa format dari JPG ke JPEG maupun pada format gambar lainnya, entah itu hanya iseng ataupun memang kebutuhan. Untuk melakukan hal tersebut, kita akan membahas cara-cara termudah untuk melakukan format gambar JPEG ke bagian JPG seperti berikut :

1.Mengedit dengan Program Bawaan Windows

Cara pertama untuk merubah gambar jpg ke jpeg dengan aplikasi bawaan windows. Pada sistem Operasi Windows biasanya sudah ada aplikasi bawaan yang bisa mengedit file gambar. Contoh program tersebut adalah Paint, saya temasuk orang yang selalu menggunakan paint untuk mengedit. Sedangkan pada Sistem Operasi Mac, ada program yang bernama Preview. Program-program bawaan tersebut memang memudahkan pengguna untuk dapat melakukan pengeditan file gambar, mengubah ataupun mengconvert JPG ke JPEG atau ke format gambar lainnya.

Cara-caranya adalah :

  • pertama masuklah ke dalam program Paint pada Windows atau Preview pada sistem Mac.
  • Selanjutnya bukalah gambar yang akan di edit. Cara tersebut sama dilakukan baik melalui Windows maupun Mac.
  • Jika gambarnya sudah terbuka, selanjutnya klik “File” kembali lalu pilih “Save as”.
  • Di proses ini kita baru bisa memilih format gambar apa yang kita inginkan. Apakah akam mengubah gambar menjadi versi JPEG atau versi lainnya.
  • Lalu ubahlah nama dan pilih tempat disimpannya hasil konversi gambar. Kalian juga bisa mengatur kualitas gambarnya dari yang terkecil hingga kualitas terbaik. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada ukuran gambar tersebut. Jika semakin bagus kualitas gambarnya maka semakin besar ukurannya.
  • Selanjutnya tinggal klik “OK” dan tunggu hingga proses konversi selesai.
  • Jika sudah selesai, gambar telah berhasil terkonversi.
Artike Lainnya  Cara menggunakan Whatsapp dark mode android

2. Memakai Program Konversi Gambar Secara Online

Untuk cara merubah gambar jpg ke jpeg Kalian memerlukan koneksi internet untuk dapat melakukan konversi gambar. Sampai saat ini sudah banyak sekali aplikasi online yang dapat kita manfaatkan secara gratis untuk mengkonversi gambar. Contohnya seperti situs compresjpeg.com atau freefileconvert.com. Kalian dapat melakukan banyak konversi gambar dengan format lainnya dan tentunya dengan sangat mudah.

Cara-Caranya seperti berikut :

  • mengunjungi salah satu situs yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Contohnya kita kunjungi compressjpeg.com.
  • Pada situs tersebut kita tinggal unggah file yang sesuai dengan keinginan apakah akan mengkonversi pada JPEG, PNG atau PDF.
  • Jika sudah memilih file mana yang akan di eksekusi, selanjutnya adalah kalian tinggal unggah file sesuai dengan keinginan.
  • Lalu tunggu hingga proses unggah filenya selesai.
  • Jika peosesnya sudah selesai, maka kalian tinggal mengunduh file yang sudah dikonversi tadi dan kalian telah berhasil melakukan convert file.

3. Konversi File Dengan Smartphone

Kalian juga dapat melakukan konversi gambar dengan menggunakan smartphone. Apalagi sekarang di Play Store dan Apple Store sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk konversi gambar dari JPG ke JPEG maupun format lainnya. Contohnya adalah aplikasi seperti Image file format Converter. Yang perlu kalian lakukan adalah hanya mengunduhnya saja dan jalankan aplikasinya. Kalian cukup ubah gambar yang ada di dalam smartphone dan lakukan konversi. Untuk prosesnya setahu saya tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya beberapa deittik. Apabila sudah, maka gambar sudah berhasil diubah formatnya.

4. Memakai Photosop

Jika kalian memiliki aplikasi Photoshop, kalian juga bisa melakukan konversi gambar dengan lebih cepat. Seperti yang sudah diketahui bahwa Photoshop adalah salah satu aplikasi edit gambar yang paling populer hingga saat ini. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah dalam mengkonvert gambar sesuai dengan keinginan.

Artike Lainnya  Tempat download gambar tanpa copyright

Caranya adalah :

  • Buka aplikasi Photoshop.
  • Pilih gambar yang akan diubah formatnya dengan cara menggunakan kombinasi tombol “CTRL + O” atau dengan cara “Drag and Drop” file tersebut.
  • Lalu jika sudah, simpan file tersebut dengan format “Save as”.
  • Kalian bisa mengubah format filenya sesuai dengan keinginan

Itulah cara untuk merubah file jpg ke jpeg dengan 4 cara. Kalian pun bisa coba mencari tahu beberapa referensi lainnya seperti lebih bagus JPEG atau JPG, pengertian JPG, perbedaan JPG dan JPEG, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang membaca. Terimakasih.