Komputer yang terinfeksi oleh virus membuat komputer sulit digunakan dengan benar. Terkadang serangan virus pada komputer bisa membuat kita kehilangan data penting, hingga dapat menyebabkan komputer rusak total.

Virus komputer hanya dapat dideteksi jika komputer tersebut dilengkapi dengan sistem proteksi yang disebut antivirus. Antivirus berperan dalam memblokir atau menolak akses virus yang ingin masuk ke komputer kita secara ilegal.

Namun dalam beberapa kasus ada beberapa virus komputer yang dapat membobol komputer, meskipun komputer sudah dilengkapi dengan proteksi antivirus terbaik.

Berikut ini adalah virus komputer yang pernah menghebohkan dunia.

  • Virus Code Red

Virus ini muncul pada tahun 2001 dan menyerang Windows 2000 dan NT. Efek yang paling terlihat dari keberadaan virus ini adalah terjadinya full buffer hingga mampu menghabiskan ruang memori. Virus ini ditemukan oleh eEye Digital Security yang menargetkan Microsoft IIS Web Server. Selain merusak halaman Web, Virus ini juga akan meninggalkan pesan yang bertuliskan “Diretas oleh China”.

Virus ini meretas hingga 2 juta server dan menimbulkan kerugian hingga 32 triliun rupiah.

  • Virus SQL Slammer/Sapphire

Virus ini muncul pada tahun 2003 yang berdampak pada terganggunya layanan ATM di Amerika Serikat. Selain mengganggu operasional ATM, SQL Slammer juga mengganggu layanan 911 serta Seattle dan Continental Airlines yang menyebabkan beberapa penerbangan dibatalkan karena kesalahan check-in dan ticketing. Virus ini menyebar dengan sangat cepat melalui internet.

  • Virus Melissa

David L. Smith adalah seorang ahli komputer yang menciptakan virus komputer yang dia beri nama Melissa. Virus ini merupakan virus komputer yang menyerang Microsoft Word, dan virus ini menyebar melalui pesan di email. Jika virus ini berhasil aktif, maka virus ini akan meniru dirinya sendiri dan secara otomatis akan terkirim ke 50 kontak email yang dimiliki pengguna.

  • Virus ILOVEYOU

Pada tahun 2000 virus ILOVEYOU muncul dari Filipina. Nama virus ini memang terdengar romantis, namun juga sangat berbahaya. Sistem kerja dari virus ini mirip dengan virus Melissa melalui email. Bahkan virus ini telah merusak hingga 10% sistem komputer di dunia dan menimbulkan kerugian hingga 10 miliar dollar AS.

  • Virus Conficker

Pada Oktober 2008 ditemukanlah virus Conficker dan virus ini mendapatkan predikat berbahaya dikarenakan mudah menyebar dengan sangat cepat. Virus ini menyebar dengan cara melalui sistem operasi Microsoft Windows dan sudah menginfeksi total 9 juta komputer di seluruh dunia. Kerugian dari akibat virus ini mencapai 147 miliar rupiah.

  • Virus Ransomware WannaCry

Pada tahun 2017 ditemukan virus Ransomware WannaCry yang mengakibatkan infeksi jaringan komputer di 100 negara, termasuk Indonesia. Virus yang dikenal dengan nama WannaCry ini merupakan salah satu jenis Malicious Software atau Malware yang menyerang komputer. Cara kerja dari virus ini adalah dengan mengunci komputer atau mengenkripsi semua file yang ada sehingga tidak dapat diakses kembali oleh pengguna.

  • Virus Storm Worm

Pada tahun 2006 adalah tahun di mana virus ini terdeteksi menyebar oleh seorang programmer. Nama Storm Worm diambil karena salah satu email yang menyebarkannya memiliki subjek “203 Dead As Storm Batters Europe“. Virus ini disebut juga dengan nama McAfee dan juga Nuwar. Virus ini merupakan program Trojan horse yang bergerak dengan cara mengaktifkan program lain secara bersamaan.

Artike Lainnya  Perlindungan Body Laptop Menggunakan Garskin

Virus-virus komputer di atas adalah virus yang pernah menggemparkan dunia karena sistem kerjanya dan kerugian yang di timbulkannya.

Sebagai antisipasi, dengan meng-instal anti virus untuk melindungi komputer kita adalah salah satu pencegahan dari virus yang sewaktu-waktu dapat menyerang komputer kita, sehingga semua data yang kita miliki tetap aman. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.