Intel didirikan di Mountain View, California, pada tahun 1968 oleh Gordon E. Moore (dikenal dengan “hukum Moore”), seorang ahli kimia, dan Robert Noyce, seorang ahli fisika dan co-inventor dari sirkuit terintegrasi. Arthur Rock (investor dan pemodal ventura) membantu mereka menemukan investor, sementara Max Palevsky ada di papan sejak tahap awal. Moore dan Noyce telah meninggalkan Fairchild Semiconductor untuk menemukan Intel. Rock bukan seorang karyawan, tetapi dia adalah seorang investor dan adalah ketua dewan. Total investasi awal dalam Intel adalah $ 2,5 juta pada obligasi konversi (setara dengan $ 18,4 juta pada tahun 2019) dan $ 10.000 dari Rock. Hanya 2 tahun kemudian, Intel menjadi perusahaan publik melalui penawaran umum perdana (IPO), mengumpulkan $ 6,8 juta ($ 23,50 per saham). Karyawan ketiga Intel adalah Andy Grove, seorang insinyur kimia, yang kemudian menjalankan perusahaan melalui sebagian besar tahun 1980-an dan pertumbuhan tinggi tahun 1990-an.

Dalam menentukan nama, Moore dan Noyce dengan cepat menolak “Moore Noyce”, dekat homophone untuk “lebih banyak suara” – nama yang tidak cocok untuk sebuah perusahaan elektronik, karena kebisingan dalam elektronik biasanya tidak diinginkan dan biasanya dikaitkan dengan gangguan buruk. Sebaliknya, mereka mendirikan perusahaan sebagai N M Electronics pada 18 Juli 1968, tetapi pada akhir bulan telah mengubah nama menjadi Intel yang merupakan singkatan dari Integrated Electronics. Karena “Intel” sudah memiliki merek dagang oleh jaringan hotel Intelco, mereka harus membeli hak untuk nama tersebut.

Artike Lainnya  Perkembangan generasi Processor Intel

Intel Corporation (umumnya dikenal sebagai Intel dan bergaya intel) adalah perusahaan multinasional Amerika dan perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Santa Clara, California, di Silicon Valley. Ini adalah produsen chip semikonduktor bernilai terbesar dan tertinggi di dunia berdasarkan pendapatan, dan merupakan penemu seri x86 mikroprosesor, prosesor yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi (PC). Intel berada di peringkat No. 46 dalam daftar Fortune 500 2018 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar dengan total pendapatan. Intel tergabung dalam Delaware.

Intel memasok prosesor untuk produsen sistem komputer seperti Apple, Lenovo, HP, dan Dell. Intel juga memproduksi chipset motherboard, pengontrol antarmuka jaringan dan sirkuit terintegrasi, memori flash, chip grafis, prosesor tertanam dan perangkat lain yang terkait dengan komunikasi dan komputasi.

Intel Corporation didirikan pada 18 Juli 1968, oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore (hukum Moore), dan dikaitkan dengan kepemimpinan eksekutif dan visi Andrew Grove. Nama perusahaan dipahami sebagai portmanteau dari kata integrated and electronics, dengan co-founder Noyce telah menjadi penemu utama sirkuit terintegrasi (microchip). Fakta bahwa “intel” adalah istilah untuk informasi intelijen juga menjadikan nama itu tepat. Intel adalah pengembang awal chip memori SRAM dan DRAM, yang mewakili sebagian besar bisnisnya hingga tahun 1981. Meskipun Intel menciptakan chip mikroprosesor komersial pertama di dunia pada tahun 1971, tidak sampai kesuksesan komputer pribadi (PC) yang menjadi bisnis utamanya.

Selama 1990-an, Intel banyak berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru yang mendorong pertumbuhan pesat industri komputer. Selama periode ini Intel menjadi pemasok dominan mikroprosesor untuk PC dan dikenal karena taktik agresif dan anti-persaingan dalam mempertahankan posisi pasarnya, terutama terhadap Advanced Micro Devices (AMD), serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengendalikan arah. dari industri PC.

Artike Lainnya  Pengertian dan keunggulan Teknologi Jaringan 5G

Pusat Teknologi Sumber Terbuka di Intel menyelenggarakan PowerTOP dan LatencyTOP, dan mendukung proyek sumber terbuka lainnya seperti Wayland, Mesa3D, Blok Bangunan Intel Array, Blok Bangunan Threading (TBB), dan Xen.