Kali ini kita akan memebrikan beberapa lis rekomendasi printer dot matrix yang masa berdar di pasaran dan juga masih yang terbaik di tahun 2020. Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan.

Kebutuhan akan printer belakangan ini sudah relatif jauh berkurang. Kalaupun toh kebutuhan itu ada, kebanyakan orang akan mencari printer dengan jenis ink jet atau ink tank. Printer dot matrix tentunya sudah semakin dihindari. Namun faktanya, kebutuhan akan printer dot matrix toh masih tetap ada. Biasanya kebutuhan tersebut datang dari pengusaha atau bidang-bidang yang masih membutuhkan mencetak dokumen dalam beberapa salinan sekaligus.

Kelebihan Printer Dot Matrix:

  1. Dapat mencetak rangkap sekaligus
  2. Pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis ink jet dan laser jet.
  3. Printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color ada pula yang berjenis non-color.
  4. Untuk printer color, digunakan pita(karbon/ribbon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah, dan kuning.
  5. Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar

Kekurangan Printer Dot Matrix:

  1. Pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.
  2. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara berisik
  3. Kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan seperti titik – titik yang saling berhubungan.
  4. Geraknya sangat lambat
  5. Kurang banyak fariasi warna
Artike Lainnya  Fitur rahasia di windows 10 yang jarang diketahui

1. Epson LX-310

Rekomendasi printer Dot Matrix

Rekomendasi printer dot matrix yang pertama adalah Epson LX-310, bisa dikatakan merupakan versi terbaru dari printer legendaris dari LX-800. Kedua printer ini masih sama-sama menggunakan 9 pin untuk dot matrix-nya. Printer ini kecil-kecil cabe rawit karena kecepatan cetaknya cukup kencang, mencapai 357 karakter per detik (untuk ukuran 12 karakter per inci) pada mode High Speed Draft Mode.

2. Epson LQ-310

Rekomendasi printer Dot Matrix

Printer Epson LQ-310 bisa dibilang merupakan saudara kembar printer Epson LX-310. Bedanya, printer ini memiliki jumlah dot matrix sebanyak 24 pin. Dengan jumlah pin yang lebih banyak, Epson LQ-310 tentu memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi dibandingkan dengan Epson LX-310. Kecepatan cetak LQ-310 mencapai 416 karakter per detik (untuk ukuran 12 karakter per inci) dalam mode High Speed Draft Mode.

3. Epson LQ-590

Rekomendasi printer Dot Matrix

Printer dot matrix Epson LQ-590 adalah printer yang ekonomis dan tergolong hening untuk sebuah printer dot matrix. Tingkat ekonomis tersebut dicapai berkat mekanisme cetak Eco-Drive yang membuat produktivitasnya meningkat tanpa harus membutuhkan daya listrik yang besar. Selain itu, Epson LQ-590 memiliki feature auto power-saving yang secara otomatis akan mengaktifkan mode stand by saat printer sedang tidak digunakan.

4. Epson LQ-2190

Printer Dotmatrix EPSON LQ 2190/LQ2190 - Debby Globalindo ...

Printer Epson LQ-2190 merupakan printer dot matrix 24 pin yang berukuran lebar sehingga bisa mencetak pada ukuran kertas yang lebih besar daripada A4, misalnya ukuran A3. Epson LQ-2190 cocok digunakan untuk pekerjaan mencetak dengan volume yang besar. Kecepatan cetak printer ini adalah 480 karakter per detik untuk ukuran 10 karakter per inci.

Untuk mendapatkan produk yang ter rekomendasi printer dot matrix terbaik 2020 ini, anda bisa datang dan menghubungi excellent computer di Jl. Bulustalan 1 No.27 Semarang, No. Tlp 024-3511176