Mengenali beberapa penyebab paling umum laptop mati adalah hal penting bagi pemilik laptop. Pasalnya, salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah laptop yang mati mendadak. Bagi pemilik yang masih belum mengetahui hal ini tentu akan panik dan buru-buru melakukan service pada laptop bukan?

Tapi, jangan terlalu panik dulu. Karena kali ini saya akan membahas tentang apa saja kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan laptop mati mendadak. Jadi, Anda tidak perlu panik lagi jika mengalami situasi seperti ini. Berikut penjelasannya :

  • Laptop Overheat

Nah, dari namanya kita sudah tahu apa itu overheat? Overhat adalah kondisi dimana suhu laptop terlalu panas sehingga dapat mengganggu kinerja beberapa komponen hingga berujung pada kerusakan yang lebih berbahaya. Dari sekian banyak masalah laptop yang tiba-tiba tidak mau menyala, salah satu penyebab paling umum adalah overheat. Penyebabnya dikarenakan kebiasaan yang menggunakan laptop di atas kasur, sofa, bantal atau jenis permukaan lain yang tidak rata dapat menyumbat lubang udara pada laptop sehigga menjadikan panas tidak bisa keluar.

Ketidakstabilan sirkulasi udara yang mengalir di dalam laptop ini akan membuat kinerjanya terganggu. Solusinya adalah usahakan menggunakan laptop pada permukaan yang datar seperti meja kayu, dan jika masih mengalami hal yang sama maka gunakanlah kipas pendingin laptop.

  • Pasta Prosesor Kering

Usia laptop juga dapat mempengaruhi performa laptop. Pasalnya, bagian pasta prosesor akan mengering seiring waktu menggunakan laptop. Perlu diketahui, bahwa fungsi dari pasta ini adalah untuk mencegah masalah overheat. Nah, bagaimana jika pasta sudah kering? Tentunya prosesor akan lebih mudah panas dan jadi overheat. Solusinya harus mengganti pasta dengan yang baru.

  • Menumpuknya Kotoran dan Debu

Jika Anda adalah pengguna yang selalu menggunakan cooling pad atau kipas pendingin namun masih sering mengalami hal ini, maka coba cek kebersihannya. Sebab, jika kipas pendingin laptop kotor dapat menyebarkan debu dan kotoran lainnya ke dalam laptop. Menumpuknya debu lama-kelamaan akan membuat performa laptop tiba-tiba menurun. Ketika prosesor laptop kita paksa maka akan kepanasan dan mati. Solusinya adalah dengan tetap melakukan pembersihan secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu.

  • RAM Kotor

Masalah selanjutnya yang sering menyebabkan laptop mati mendadak adalah masalah RAM yang kotor. Mengapa? RAM adalah penyimpanan memori sementara pada laptop. Jika RAM tidak bersih maka kinerjanya akan menurun dan terganggu. Meski RAM memang ditempatkan di dalam bodi laptop, bukan tidak mungkin alat ini bisa kotor. Solusinya dengan membersihkan RAM dengan hati-hati supaya kinerjanya tidak terganggu.

  • Penggunaan yang melebihi spesifikasi

Ada kegunaan tertentu di balik spesifikasi varian laptop yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah dengan menentukan seberapa kuat dan mampunya penggunaan pada sebuah laptop. Contoh termudah adalah ketika Anda menggunakan laptop yang standarnya jauh untuk digunakan bermain Game tetapi masih di paksa digunakan untuk bermain game. Alih-alih menikmati permainan, Anda hanya akan mendapati laptop yang lambat hingga mati mendadak. Solusinya dengan mengetahui spesifikasi laptop dan menyesuaikannya dengan standar penggunaan.

  • Program Crash dan Virus

Program crash adalah program yang error, dan virus dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Coba ingat-ingat apakah Anda baru saja menginstal aplikasi? Jika iya, bisa jadi aplikasi tersebut tidak terinstall secara keseluruhan dan menyebabkan sistem laptop menjadi crash. Bahkan, virus juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Solusinya adalah gunakan antivirus terbaru dan restore ke sistem recovery untuk mengatasi masalah pada crash program.

  • Motherboard Bermasalah

Hal terakhir yang dapat menyebabkan laptop mati mendadak adalah kerusakan pada motherboard. Motherboard adalah hardware yang sangat penting pada laptop, karena sistem yang menjadi otak dari sebuah laptop adalah motherboard. Bagaimana jadinya ketika “otak” memiliki masalah? Biasanya terjadi karena sudah lama digunakan atau terlalu banyak melakukan multitasking. Solusinya adalah dengan mengganti motherboard yang baru, atau jika dirasa harga mothrboard yang tidak murah mungkin bisa beli laptop yang baru.

Artike Lainnya  Cara mengecek slot RAM Laptop yang tersedia

Itulah penyebab paling umum yang membuat laptop mati. Jangan langsung panik ketika laptop Anda mendadak mati. Silahkan dicoba solusi disetiap point di atas, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.