Apakah kamu pernah merasakan kesetrum karena tersentuh pada bagian komputer? Kasus semacam ini banyak terjadi pada komputer yang menggunakan casing sebagai pusatnya. Hal seperti itu tentunya sangat membahayakan bagi pengguna, apalagi jika di rumah ada anak kecil, akan semakin berbahaya jika anak tersebut main di sekitar komputer yang sedang menyala.

Apa penyebab casing komputer bisa nyetrum dan mengapa kita bisa kesetrum hanya karena tersentuh pada bagian casing? Untuk mengetahui jawabanya berikut saya jelaskan di bawah :

  • Kebocoran Power Supply

Power supply adalah bagian vital unuk menjalankan berbagai macam komponen-komponen komputer. Fungsi dari power supply adalah untuk memberikan sumber daya listrik pada bagian komponen komputer. Dengan power supply, arus listrik AC akan diubah menjadi arus DC.

Karena motherboard terhunung langsung dengan power supply yang dayanya terlalu besar, maka hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran yang akibatnya daya listrik juga akan ikut mengalir ke bagian casing komputer.

  • Sistem Ground yang Buruk

Pada dasarnya saat sebuah alat elektronik terpasang, maka setiap kabel akan memiliki sistem grounding tersendiri. Sistem grounding ini merupakan sistem untuk mengalirkan arus listrik yang berlebihan, sehingga tidak akan ada efek kesetrum pada penggunanya. Tetapi, sistem grounding pada komputer di Indonesia masih kerap menyepelekan hal ini.

Sistem grounding yang ada pada komputer di Indonesia sebagian besar tidak terlalu memperhatikan keselamatan. Akibatnya kita bisa melihat kabel-kabel komputer selalu dibiarkan berseliweran di lantai sekolah, kantror, maupun runmah. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya karena kabel sangat mungkin terinjak atau aliran listiknya bisa menjalar ke lantai. Oleh karena itu, untuk mencegah tidak terjadi kesetrum saat tersentuh, berikut ada beberapa cara yang bisa diterapkan, diantarnya :

  1. Bisa Gunakan Karpet pada Ruangan Komputer

    Saat memasang komputer dalam ruangan, pastikan terlabih dahulu agar di dalam ruangan tersebut menggunakan karpet. Selain mencegah lantai agar tidak basah, metode ini dapat meredam bagian CPU. Jadi saat komputer dinyalakan, arus listrik yang ada di badan CPU akan dialirkan pada karpet. Oleh karena itu CPU tidak akan terasa ada daya listrik saat tersentuh.

  2. Gunakan Alas Kaki

    Jika ruangan komputer tidak menggunakan karpet, maka solusinya adalah memakai alas kaki saat menggunakan komputer. Dengan memakai alas kaki seperti sandal, kalian akan aman dari kesetrum karena sistem grounding kabel yang buruk.

  3. Alirkan Listrik ke Tembok

    Ada opsi yang bisa menjadi pilihan untuk kalian coba, yaitu dengan mengalirkan listrik pada tembok. Untuk bahannya sendiri, kalian persiapkan sebuah paku yang panjangnya kurang lebih 10 hingga 12 Cm. Kemudian persiapkan juga kabel listriknya sepanjang 1 meter.

Cara melakukannya adalah, pertama kupas terlebih dahulu ujung kabelnya. Lalu ikatlah ujung kabel pada bagian belakang paku. Hal ini perlu diperhatikan karena kabel diikatkan pada bagian belakang paku dan bukan di bagian mata paku. Setelah itu, diusahakan bagian casing CPU berada di bagian atas lantai atau bisa juga di bagian atas meja sehingga hasilnya bisa jauh lebih maksimal. Selanjutnya, ikatan kabel serta paku tadi di ikatkan pada bagian baut power supply atau bagian listrik komputer. Dan terakhir, pasangkan paku ke bagian tembok atau lantai.

  • Mengganti Power Supply

Salah satu cara yang yang paling ampuh berikutnya adalah dengan mengganti power supply. Power supply yang sudah bocor tentunya sangat membahayakan komputer dan penggunanya sendiri. Sebab, power supply yang sudah bocor termasuk ke dalam tanda power supply komputer yang rusak.

Jika power supply kalian tidak diganti, maka beberapa komponen CPU akan mengalami kerusakan. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengganti power supply baru. Sebelum kamu menggantu dan membeli power supply yang baru, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui apa jenis-jenis power supply yang ada pada komputer. Selain itu juga, kamu bisa mencoba tips memilih power supply yang bagus untuk kelas PC Gaming. Karena PC gaming menggunakan berbagai komponen tinggi yang tentunya kualitasnya pun akan lebih bagus.

  • Menempelkan CPU ke Dinding

Apabila kalian merasa takut atau kurang berani dengan poin keempat dan ketiga, maka ada baiknya kamu bisa mencoba cara yang kelima. Cara ini sangatlah mudah karena hanya dengan menempelkan CPU pada bagian dinding saja. Hal ini sebenarnya hampir mirip dengan poin ketiga. Tetapi cara ini tidak menggunakan perantara. Dengan cara ini arus listrik yang mengalir pada CPU akan diteruskan pada tembok sehingga kita tidak akan merasakan kesetrum saat menyentuhnya.

Itulah beberapa penyebab casing komputer bisa nyetrum dan cara mengatasinya. Perlu di ketahui bahwa saat kalian merasakan kesetrum saat menyentuh PC, maka hal tersebut sudah ada yang tidak beres dengan bagian PC kalian. Oleh karena itu, kamu harus melakukan tindakan segera dan secepatnya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Dan apabila kalian merasa tidak nyaman menggunakan Komputer, kalian bisa mencoba beralih menggunakan laptop. karena saat ini kemampuan laptop bahkan bisa menyamai kemampuan sebuah komputer. Dan point terpenting adalah Laptop sangat praktis digunakan. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih

Artike Lainnya  Inilah penyebab harddisk tidak terbaca pada komputer dan laptop