Internet of Things

Perkembangan teknologi di era saat ini sangatlah cepat. Tak terkecuali perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang. Terobosan baru pun mulai bermunculan, yang paling terbaru dan sedang hangat di bicarakan yaitu Artificial Intelligence atau yang sering disebut AI (kecerdasan buatan). Akan tetapi kita tidak akan membahas apa itu AI, kita akan membahas yang namanya Internet of Things atau sering disebut IoT. Lalu apa itu IoT? Apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama.

Apa itu IoT?

IoT merupakan kepanjangan dari Internet of Things yang memiliki arti internet adalah segalanya, yang bisa disimpulkan bahwa pada zaman sekarang dalam segala aktivitas internet mempunyai peranan yang sangat penting.

Pada tahun 1999, seorang penemu asal Inggris bernama Kevin Ashton memperkenalkan istilah Internet of Things pada presentasi nya kepada Procter and Gamble (P&G). Ia merupakan salah satu pendiri Auto-ID Center di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

IoT merupakan konsep suatu benda ditanamkan pada sebuah teknologi contohnya seperti software dan sensor yang memiliki tujuan untuk berkomunikasi maupun bertukar data melalui perangkat apa saja dan bisa diakses kapapun, dimanapun, selama terhubung denganjaringan internet.

IoT juga memiliki hubungan dengan M2M (machine to machine). Perangkat ini lebih sering disebut smart devices, karena seluruh alat yang memiliki kemampuan tersebut dapat membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Implementasi nya, IoT dapat digunakan pada dunia industry pekerjaan maupun kegiatan rumah tangga dengan cara monitoring atau pengontrolan system melalui jaringan yang terhubung ke internet dan dapat dilakukan dimanapun, kapapun selama terkoneksi dengan internet.

Berikut beberapa contoh fungsi internet of things adalah sebagai berikut :

  • Smart home
Artike Lainnya  Menghubungkan smartphone ke wifi tanpa ketik password

Bisa digunakan pada penerangan cahaya lampu, kendali suhu ruangan, ataupun sistem keamanan rumah.

  • Smart transportation

Bisa digunakan untuk memperbaiki lalu lintas, ataupun memantau pengiriman sebuah barang.

  • Smart industry

Pada era saat ini yang sering disebut dengan era 4.0 karena sistem tersebut bisa digunakan pada sistem pekerjaan di pabrik dengan cara memantau kinerja secara real time untuk mengurangi biaya perawatan dan produksi.

Kesimpulan nya, IoT merupakan sebuah perkembangan yang patut diperhitungkan dan dipelajari di era saat ini. Semoga bermanfaat!