Siapa yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia maya pasti sudah sangat akrab dengan Google ini. Google sangat terkenal dengan mesin pencari di dunia maya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata sandi yang diinginkan maka Google akan melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan.

Berdirinya mesin pencari nomor satu di dunia maya ini merupakan hasil dari kerja keras. Pendiri Google terdiri dari dua orang pria, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Kedua orang ini merupakan mahasiswa Pascasarjana Doktoral di Stanford University California, Amerika Serikat.

Pertemuan Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1995 menjadi cikal bakal bedirinya Google ,Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan pencari yang awalnya diberi nama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

BackRub berasal dari sebuah algoritma, algoritma yang membentuk sebuah peringkat berdasarkan banyaknya backlink dari sebuah laman, halaman atau website. Awal mula pengerjaan, proyek ini dibuat pada server Stanford University selama lebih dari satu tahun.

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. “Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya “mentok” menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka. Setelah itu mesin pencari yang mereka buat didaftarkan sebagai Google.com pada 15 September 1997. Setahun berlalu, pada tahun 1998 Larry Page meluncurkan buletin bulanan dengan nama Google Friends Newsletter. Buletin ini berisi mengenai informasi mengenai perusahaan.

Artike Lainnya  Mengenal jenis kabel HDMI beserta fungsinya

Larry Page bersama Sergey Brin mulai memperkenalkan Google di tahun 1998, awalnya tak mudah kedua orang ini membesut mesin pencari di internet ini. Keduanya bahkan sempat merasa tidak cocok, karena perbedaan setiap topik yang dibicarakan.

Meskipun pada akhirnya keduanya sepakat karena sama-sama memiliki ketertarikan dengan mesain pencari atau search engine. Google berdasarkan pada teknologi PageRank yang sudah dipatenkan tentunya, hal ini memudahkan mereka membuat dasar struktur link antara situs web.

Februari 1999, startup itu tumbuh pesat. Page pun memindahkan kantornya dari garasi di sebuah kantor baru di Palo Alto, California. Tujuh bulan kemudian, mereka pindah kantor lagi ke Mountain View seiring pertumbuhan bisnis Google. Pada paruh pertama 1999, popularitas Google melesat. Situasi ini membuat Google membutuhkan pendanaan baru untuk berinvestasi di server maupun sumber daya manusia. Meskipun pada saat itu, Google belum menghasilkan uang.

Ketika awal berdiri, mesin pencari ini mendapat suntikan investasi senilai 100 ribu dolar atau setara dengan Rp1,3 miliar dari Co-founder Sun, Andy Betcholsheim. Keduanya juga mendapat kantor pertama berupa sebuah garasi milik Susan Wojcicki, sosok yang kini menjadi CEO YouTube.

Google merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi. Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth. Hingga kini, sudah ada ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakuisisi oleh Google. Sejak 2010, jika dirata-rata, maka Google telah mengakuisisi lebih dari satu perusahaan setiap minggu.

Mulai saat itu, Google memperkerjakan tim sales, sejak saat itu proyek ini semakin berkembang pesat. Hal inilah yang memaksa Google kemudian pindah ke The GooglePlex di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Artike Lainnya  5 Rekomendasi keyboard komputer 2020

Selain sebagai pendiri Google, Larry Page juga pernah menjadi CEO perusahaan di tahun 2011 hingga 2015. Sementara Google masih dipimpin Page pada 2015 untuk melakukan restrukturisasi dengan mendirikan perusahaan induk bernama Aphabet Inc.Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang. Siapa sangka perjalanan Google dimulai dari sebuah garasi, bisa dibayangkan kesuksesan yang dicapai kedua orang ini melewati jalan yang berliku-liku. Proyek ini dikerjakan Larry dan Brin mulai tahun 1996.

Misi Google adalah, “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai.