Jika Anda memutuskan untuk menggunakan host OS Linux di VPS Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda memiliki beragam opsi untuk dipilih. Tentu saja, penting bagi Anda untuk melihat semua opsi berbeda yang tersedia untuk mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing distribusi individu sebelum menentukan pilihan. Untuk mempermudah Anda, kami akan mencantumkan opsi paling populer di sini untuk membantu Anda memulai.

  • CentOS

CentoOS adalh salah satu pilihan tepat untuk menjadikan os linux ini menjadi os untuk vps anda. CentOS adalah distribusi Linux yang terutama gratis dan didukung komunitas. Sistem operasi ini berpusat di sekitar Red Hat Enterprise Linux. CentOS VPS menawarkan perangkat lunak berkualitas perusahaan secara gratis, memungkinkan pengguna merasakan layanan VPS berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Pengguna hanya perlu membayar untuk paket hosting mereka.

Sistem operasi CentOS memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem operasi Linux VPS lainnya. Untuk satu, sistem operasi CentOS adalah seratus persen gratis. Kedua, Anda dapat menghubungi pengembang untuk melaporkan bug dan mendiskusikan berbagai masalah dengan mereka yang Anda alami dan membutuhkan bantuan, dan mereka akan selalu merespons Anda. Anda juga memiliki komunitas pengguna yang besar untuk berkonsultasi, jika Anda mungkin terjebak pada berbagai hal atau hanya ingin melihat hal-hal apa yang dapat Anda lakukan dengan OS ini. Selain itu, Anda memiliki sejumlah opsi dukungan yang tersedia untuk Anda yang dapat Anda gunakan secara gratis. Akhirnya, selalu ada paket errata QAed yang sedang diuji dan dibangun dengan cepat.

  • Debian

Debian adalah platform sumber terbuka gratis lainnya yang berkualitas tinggi, dirancang oleh Proyek GNU. Perangkat lunak VPS Linux ini sangat fleksibel, memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh terhadap lingkungan Anda, dan sangat mudah untuk diatur dan dikonfigurasikan. Selain itu, Debian memungkinkan Anda untuk memiliki jumlah lalu lintas yang tinggi di server Anda tanpa mengurangi kinerja Anda sedikit pun. Anda dapat meng-host sejumlah besar situs dan melakukan sejumlah tugas tanpa menyebabkan masalah dengan waktu muat. Jika Anda seorang pengembang, Anda akan menyukai Debian karena VPS ini memungkinkan fleksibilitas optimal sehingga Anda dapat mengembangkan sejumlah aplikasi untuk menyesuaikan lingkungan VPS Anda.

Artike Lainnya  Pengertian Sistem Operasi Komputer beserta fungsi dan Jenisnya

Debian Linux juga didukung oleh dukungan luar biasa. Anda dapat menemukan banyak dukungan gratis melalui IRC, daftar pengguna, dan forum, dan Anda bahkan dapat berbicara dengan para pengembang itu sendiri. Dan yang tak kalah pentingnya, ini sangat cocok untuk lingkungan VPS Hosting.

  • Red Hat (RHEL)

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) adalah seratus persen stabil dan berkinerja sangat baik. Faktanya, ini lebih stabil dan berkinerja lebih baik daripada sistem operasi Microsoft Windows. Red Hat Linux VPS menyediakan dukungan untuk beragam aplikasi, dan juga mendukung sejumlah hypervisor, arsitektur perangkat keras, dan cloud. Versi terbaru, Red Hat 8, menawarkan fleksibilitas lebih besar daripada versi sebelumnya. Versi 8 juga memungkinkan bagi pengguna untuk memiliki jumlah kontrol yang lebih besar atas lingkungan server pribadi virtual mereka. Sejumlah besar bisnis mempercayai Red Hat karena fakta bahwa ini adalah VPS yang sangat andal.

Meskipun ada sejumlah keuntungan menggunakan Red Hat, ada beberapa kelemahannya. Untuk satu, tampaknya sulit untuk menemukan banyak informasi, dan ada biaya untuk menggunakannya. Anda harus mendapatkan langganan baik dari Red Hat sendiri atau dari salah satu vendor mereka.

  • Fedora

Fedora adalah distribusi Linux gratis yang sangat kuat dan populer di antara banyak pengembang. Pengembang menyukai cara navigasi dan pengaturan yang sangat mudah. Seperti kebanyakan perangkat lunak open source, komunitas pengguna memainkan peran yang sangat penting. Pengembang dapat mendiskusikan masalah satu sama lain, dan mereka dapat bekerja bersama untuk menemukan solusi untuk masalah. Pengembang juga dapat saling membantu untuk mempelajari hal-hal baru tentang Fedora. Ini berguna untuk pengguna yang berada di level pemula dan menengah.

Ada beberapa keuntungan menggunakan Fedora. Pertama, Fedora sangat fleksibel. Fedora memiliki seperangkat alat yang memungkinkan pengembang untuk membuat versi OS mereka sendiri dan mendistribusikannya kepada orang lain. Alat-alat ini memungkinkan kreativitas untuk diperagakan. Kedua, Fedora aman seratus persen. Dan tidak seperti Ubuntu, Fedora memiliki firewall yang berfungsi langsung dan sangat mudah dikonfigurasi.

  • OpenSUSE

OpenSUSE, juga sumber bebas dan terbuka, adalah sistem operasi Linux yang sangat stabil dan aman. Rilis terbaru ini hadir penuh dengan fitur, menawarkan sejumlah alat bagi pengembang yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pengalaman mereka. Meskipun sistem operasi khusus ini sangat baik untuk hosting VPS, Anda mungkin menemukan bahwa Anda akan kesulitan menemukan informasi dukungan di web. Informasi tidak tersedia dengan distribusi Linux lainnya. Anda harus langsung menuju Proyek openSUSE untuk sebagian besar dari apa yang perlu Anda ketahui. Anda juga perlu berkonsultasi dengan proyek untuk mendapatkan rilis, jika Anda ingin menggunakannya. Tentu saja, Anda dapat membeli paket hosting yang berisi sistem operasi ini dari berbagai perusahaan.

  • Ubuntu

Akhirnya, ada Ubuntu. Ubuntu gratis dan bersumber terbuka, dan sangat populer di kalangan pengembang. Ubuntu sangat sederhana dan mudah digunakan, karena membutuhkan sedikit usaha untuk mengonfigurasi. Selain itu, Anda tidak akan kesulitan menemukan banyak informasi tentang Ubuntu karena popularitasnya yang luas sebagai Sistem Operasi Desktop. Anda dapat menemukan apa pun yang perlu Anda ketahui hanya dalam beberapa menit dengan melakukan pencarian online sederhana.

Artike Lainnya  Cara menaikan jumlah subscriber youtube

Sementara Ubuntu memiliki popularitas besar dan sangat disukai, ada satu kelemahan kecil untuk menggunakan sistem operasi ini untuk server VPS. Fitur keamanan, seperti firewall, tidak ada di awal. Anda mungkin perlu menginstal dan mengonfigurasinya sepenuhnya untuk memastikan bahwa VPS Anda sepenuhnya aman. Dan meskipun dioptimalkan untuk desktop Anda, mungkin tidak cocok untuk lingkungan hosting. Anda mungkin ingin memilih VPS Debian sebagai gantinya.

Sekarang, apa pun VPS Linux yang Anda putuskan untuk digunakan, pemula mungkin ingin memasang panel kontrol VPS seperti Plesk atau cPanel untuk membantu dengan banyak konfigurasi dan pengelolaan Server VPS Linux mereka. Panel kontrol semacam itu menghilangkan sejumlah besar kurva belajar.

Dengan semua informasi ini, Anda sekarang dapat membuat keputusan untuk memilih os linux untuk vps anda, dan menyesuaikan pengalaman Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan menjalankan bisnis Anda dengan sukses.