Mematikan antivirus dan firewall di windows memang terkadang sangat diperlukan, akan tetapi Antivirus sangat membantu pada sistem operasi kita, bahkan bisa memproteksi dari serangan virus yang menganggu sistem kita, seperti Hidden File, Kursor Loncat-loncat, tetapi juga bisa menyebabkan sistem Lemot yang memakan banyak kapasitas RAM. Hal ini membuat para developer Antivirus menjadikan peluang untuk melebarkan sayap bisnisnya terutama menciptakan antivirus yang dapat mengamankan sistem dengan baik. Ada berbagai macam jenis antivirus yang sering digunakan, misalnya Smadav, Avira, Avast, AVG Antivirus, McAfee Antivirus Plus, dll. Berikut kami beri petunjuk mematikan beberapa antivirus pada windows :

Langkah Mematikan Antivirus Smadav

  • Lihat pada taksbar, klik icon smadav ( bagi yang menggunakan ).
  • Kemudian klik kanan, pilih Disable Protection tunggu beberapa menit sampai selesai.

Langkah Mematikan Antivirus Avira 

  • Double Click icon avira pada jendela (Avira Control Panel).
  • Pada bagian home Avira tersebut, lihat pada jendela PC Protection, kemudian klik tombol Deactive di bagian Real Time Protection Avira tunggu sampai selesai.
  • Atau bisa mengikuti langkah pertama yaitu klik pada icon logo antivirus, kemudian ikuti seperti langkah awal pada point 1.

Langkah Menonaktifkan Antivirus AVG

  • Double click pada antivirus AVG anda.
  • Pilih option pada pojok kanan atas, kemudian pilih advanced settings.
  • Klik Maximize Computer Protection kemudian klik antivirus
  • Hilangkan centang (enable resident shield), klik Apply kemudian klik OK.
Artike Lainnya  Teknik presentasi yang baik dan efektif

Langkah mematikan Antivirus McAfee

  • Double Click pada icon McAfee pada pojok kanan bawah.
  • Pada jendela pilih “Real – Time Scanning” pastikan antivirus dalam posisi “ON”, kemudian cara mematikannya dengan menggeser “ON” tersebut menjadi “OFF”, tunggu beberapa menit, selesai.

Untuk semua antivirus anda dapat mematikannya permanent maupun hanya sementara, lihat posisi pada masing-masing antivirus anda. Saat mematikan disertai pertanyaan yang mengarahkan anda untuk mematikan antivirus sementara atau permanent. Sesuaikan dengan kebutuhan, saat anda tidak menjawab dari pertanyaan tersebut maka antivirus akan berjalan saat sistem direstart.

Windows Firewall

Firewall merupakan sebuah sistem yang memiliki peran penting dalam menangkal akses yang tidak sah atau berbahaya yang berasal dari suatu jaringan atau internet. Artinya saat anda terhubung dengan internet, kemudian anda menjelajah beberapa situs dalam sehari-hari atau bahkan mengerjakan tugas kantor maupun sekolah, maka firewall ini sangat dibutuhkan, supaya anda tidak terkena “HACK” dari jaringan luar maupun disekitar anda. Firewall ini dapat mengontrol akses jaringan privat (private network) seperti mengijinkan komputer akses data pada komputer kita, kemudian sharing printer, dll. Walaupun mempunyai keutamaan yang luarbiasa dari firewall ini, namun beberapa orang yang ingin mematikan sistem firewall pada sistem operasi mereka, Hal tersebut mungkin untuk beberapa kepentingan seperti memberi akses lalu lintas data yang sebenarnya aman tetapi dianggap sistem firewall sebagai ancaman. Simak penjeleasannya berikut ini :

Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8 dan 10

Untuk mematikan firewall di windows 7, 8 dan 10 sebenarnya cara yang dilakukan sama dan tidak berbeda, namun tampilan user interface dari masing-masing windows yang berbeda. Simak langkahnya berikut ini:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik firewall.cpl lalu ENTER.
  • Pada jendela Windows Firewall, pilihlah Turn Windows Firewall on or off.
  • Selanjutnya pilih Turn off Windows Firewall (not recommended) pada Private network settings maupun Public network settings. Kemudian pilih OK.
Artike Lainnya  Software Alternatif Pengganti CorelDraw

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, mengenai cara mematikan antivirus dan firewall di windows yang terkadang kita butuhkan untuk beberapa urusan, semoga bermanfaat.